Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Halmahera Tiadakan Salat Iduladha di Lapangan, Diganti di Masjid

Salat Iduladha 31 Juli 2020 di lapangan terbuka di Kabupaten Halmahera ditiadakan, hanya boleh dilakukan di dalam masjid.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  12:59 WIB
Suasana shalat Idul Adha di masjid Al-Munawwar Ternate 2019. - Antara/Abdul Fatah
Suasana shalat Idul Adha di masjid Al-Munawwar Ternate 2019. - Antara/Abdul Fatah

Bisnis.com, TERNATE - Salat Iduladha 31 Juli 2020 di lapangan terbuka di Kabupaten Halmahera ditiadakan, hanya boleh dilakukan di dalam masjid.

Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara meniadakan penyelenggaraan Shalat Idul Adha di lapangan terbuka pada pelaksanaan hari raya kurban yang jatuh pada 31 Juli 2020.

Kabag Kesra Sekretariat Daerah Halut Bahri Dode dihubungi mengatakan saat ini pihaknya belum berkoordinasi dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Halmahera Utara terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha di lapangan.

"Nanti kami menyurat ke PHBI Halmahera Utara dan sampai saat ini kemungkinan akan di lakukan di masjid masing-masing," kata Bahri, Rabu (22/7/2020) seperti dilaporkan Antara.
Meski tidak ada larangan dari pemerintah untuk melakukan Shalat Idul Adha di lapangan terbuka namun sampai saat ini pihak pemkab belum melakukan rapat persiapan, namun ada kemungkinan Shalat Idul Adha hanya di lakukan di masjid saja, mengingat tingginya angka jumlah orang yang terpapar COVID-19 di wilayah tersebut.

"Belum ada rapat persiapan, nanti diinformasikan jika ada perubahan terkait pelaksanaan shalat Idul Adha," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PHBI Kabupaten Halut Rustam Djafar mengatakan, shalat Idul Adha pada tahun 2020 tidak dilakukan di lapangan, akan tetapi dilaksanakan di masjid.

Sebab, saat ini bencana nonalam COVID-19 masih berlangsung dan jumlah penderitanya terus bertambah dan hal ini menjadi pertimbangan untuk ditiadakan shalat di lapangan.

"Tidak dilakukan di lapangan, mengingat kondisi saat ini. Kemungkinan pekan depan sudah ada jadwalnya. Meski masjid sudah di buka, akan tetapi protokol kesehatan tetap dilaksanakan dan para jamaah shalat Idul Adha harus menggunakan masker," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

salat id iduladha

Sumber : Antara

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top