KKB Papua Kembali Berulah, Satu Alat Berat PT Istaka Karya Dibakar

Aksi kekerasan kembali dilakukan kelompok kriminal bersenjata dengan membakar satu unit alat berat milik PT Istaka Karya.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 28 Februari 2019  |  19:15 WIB
KKB Papua Kembali Berulah, Satu Alat Berat PT Istaka Karya Dibakar
Pasukan Brimob dari Timika tiba di Wamena, Selasa (4/12/2018). Pasca penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang diduga menewaskan 31 karyawan PT Istika Karya saat melakukan pengerjaan jalur Trans Papua di Kali Yigi dan Kali Aurak Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua pada 2 Desember lalu, aparat keamanan pun ditambah untuk mengamankan situasi di daerah tersebut. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Kelompok Kriminal Bersenjata Papua kembali berulah. Kali ini kelompok itu membakar satu unit alat berat milik PT Istaka Karya pada Rabu 27 Februari 2019 pukul 20.30 WIT di Kampung Yal, Distrik Yal, Kabupaten Nduga, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan pada Selasa 26 Februari 2019 pukul 21.54 WIT, personel Brimob Polri yang dipimpin AKP Rubby Nanda tengah melakukan penyisiran KKB dari Distrik Yigi-Yal-Mugi. Kemudian, menurut Kamal, sekitar pukul 23.00 WIT, pada saat personel Brimob naik tanjakan yang terjal di Distrik Yal, KKB menembaki personel Brimob sebanyak 3 kali.

"KKB menembaki personel Brimob sebanyak 3 kali dengan teriakan khas masyarakat pegunungan sebagai pancingan dari kiri ke belakang," tuturnya dalam keterangan resmi, Kamis (28/2/2019).

Kemudian pada pukul 23.15 WIT, dua personel Brimob memberikan tembakan balasan dan pengejaran KKB yang jejaknya diketahui ada di Distrik Yal. Selanjutnya pada pukul 23.45 WIT, personel Brimob melakukan kegiatan penggeledahan pada sejumlah rumah yang diduga menjadi tempat persembunyian KKB di Distrik Yal, Nduga, Papua.

"Pukul 23.45 WIT itu kami lakukan penggeledahan ke beberapa rumah dan melakukan patroli di ketinggian Distrik Yal," kata Kamal.

Selanjutnya, menurut Kamal pada hari berikutnya 27 Februari 2019 sekitar pukul 14.40 WIT, terjadi pembakaran atas alat berat milik PT Istaka Karya yang diduga dilakukan oleh KKB. Kamal menjelaskan bahwa alat berat tersebut sudah lama rusak dan tidak digunakan lagi sehingga alat berat itu tidak dijaga ketat.

"Sebelum alat berat itu dibakar petugas sempat mendengar 3 kali suara tembakan ke arah petugas. Saat ini kami masih melakukan pengejaran terhadap kelompok ini," ujar Kamal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, kkb

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top