Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika Dikebut, Harus Kelar Desember 2018

Proyek terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sudah memasuki tahap IV dan akan dikebut agar selesai  Desember 2018.
Ucapan selamat datang di Bandara Internasional Mozes Kilangin di Timkika, Papua./Antara
Ucapan selamat datang di Bandara Internasional Mozes Kilangin di Timkika, Papua./Antara

Bisnis.com, TIMIKA – Proyek terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sudah memasuki tahap IV dan akan dikebut agar selesai  Desember 2018.

Jajaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika kini terus mengebut pekerjaan gedung terminal penumpang bandara tersebut.

Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Sepyani Mahendra kepada Antara di Timika, Rabu, mengatakan pembangunan gedung terminal penumpang komersial Bandara Timika sudah memasuki tahap empat.

Tahun ini, Kemenhub mengucurkan anggaran Rp77 miliar (kontrak pekerjaan Rp73 miliar) untuk pekerjaan lanjutan pembuatan dinding, pemasangan keramik, dan pemasangan kaca di lantai dua, pembangunan toilet, dan lainnya.

Gedung terminal penumpang komersial Bandara Mozes Kilangin Timika seluas 21 ribu meter persegi berkonstruksi dua setengah lantai itu rencananya akan dioperasikan pada 2020 menyambut perhelatan PON di Provinsi Papua.

"Kami tetap optimistis dengan sisa waktu yang ada tinggal dua bulan lagi maka pekerjaan tahap empat bisa selesai hingga akhir tahun. Setiap dua pekan sekali kami selalu rapat dengan konsultan dan tim perencana maupun pihak kontraktor (PT Prasasti Konsorindo Jakarta) untuk memacu pihak kontraktor bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan cara menambah tenaga kerja, peralatan, dan lainnya," jelas Mahendra hari ini Rabu (14/11/2018) seperti dilaporkan Antara.

Dia menambahkan  pekerjaan gedung terminal penumpang baru dimulai sekitar akhir Juli. Sebelumnya, jajaran UPBU Mozes Kilangin melakukan peninjauan ke pabrik di Jawa untuk mengecek barang-barang yang akan dikirim ke Timika apakah sudah sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

Adapun gedung terminal penumpang komersial Bandara Mozes Kilangin Timika (berada di sisi selatan Bandara Timika saat ini) keseluruhannya nanti seluas 42 ribu meter persegi.

Satu sisi bangunan gedung terminal penumpang komersial dengan konstruksi serupa seluas 21 ribu meter persegi ditangani oleh Pemkab Mimika melalui APBD setempat.

Menurut Mahendra, pekerjaan gedung terminal penumpang Bandara Mozes Kilangin Timika kini juga diawasi oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Timika dan Kejaksaan Tinggi Papua.

Selain pembangunan lanjutan gedung terminal penumpang, tahun ini Kemenhub juga mengalokasikan anggaran Rp22 miliar untuk pembangunan lanjutan tempat parkir pesawat (apron) seluas 100x100 meter persegi yang nantinya digunakan untuk memarkir pesawat-pesawat perintis berukuran kecil yang melayani penerbangan ke pedalaman Papua.

Adapun tempat parkir pesawat yang sudah terbangun di sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika keseluruhannya sudah mencapai 640x100 meter persegi yang nantinya akan digunakan untuk memarkir pesawat berbadan lebar (empat pesawat).

Pekerjaan lain yang dilakukan di area Bandara Mozes Kilangin Timika dengan sumber dana APBN yaitu instalasi pengolahan air dan penyediaan serta pemasangan jaringan listrik. Kedua pekerjaan itu menelan anggaran masing-masing Rp9 miliar dan Rp5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper