Pembangunan Trans Papua Tetap Dikerjakan, "Jembatan" Istaka Dihentikan Sementara

Oleh: Newswire 05 Desember 2018 | 10:21 WIB
Pembangunan Trans Papua Tetap Dikerjakan,
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono (kiri) memperlihatkan peta Provinsi Papua saat konferensi pers terkait kasus penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap pekerja proyek jembatan Trans Papua, di Jakarta, Selasa (4/12/2018)./REUTERS-Willy Kurniawan

Bisnis.com, JAYAPURA - Proyek pembangunan jalan Trans Papua akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Penghentian sementara hanya terjadi di proyek jembatan yang dikerjakan PT Istaka Karya.

Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XVIII Papua Oesman Marbun mengatakan ihwal pembangunan jalan Trans Papua yang tetap dikerjakan sesuai jadwal.

Pengerjaan pembangunan jalan maupun jembatan di sejumlah ruas Trans Papua tetap dikerjakan dan dilaporkan berjalan aman.

"Mudah-mudahan pembangunannya dapat dikerjakan tanpa gangguan keamanan sehingga hasilnya dapat dinikmati masyarakat," kata Marbun kepada Antara, saat dihubungi dari Jayapura, Rabu (5/12/2018).

Kepala BBPJN Papua tersebut mengaku berada di Wamena untuk memantau proses evakuasi korban pembunuhan yang dilakukan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB).

Dia mengatakan, khusus untuk pembangunan jembatan yang dikerjakan PT. Istaka dihentikan sementara.

Belum dapat dipastikan sampai kapan penghentian pengerjaan pembangunan jembatan berlangsung karena tergantung berbagai faktor, kata Marbun.

Ia menambahkan, bila situasi sudah dinyatakan aman maka pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Nduga dilanjutkan kembali.

Pembangunan jembatan di Nduga didanai multiyears sehingga tetap akan dilaksanakan bila kondisi keamanan sudah kondusif.

PT. Istaka mendapat 41 proyek pembangunan di kawasan jalan trans Papua termasuk jembatan di kali Yigi dan kali Aurak, Distrik Yall, kata Marbun.

KKSB, Minggu (2/12) menyerang karyawan PT Istaka dan membunuh mereka, baik yang ada di kali Yigi maupun kali Aurak, Distrik Yall, Kab.Nduga.

Aparat gabungan TNI/Polri berupaya mengevakuasi jenazah para korban dari kali Yigi dan sekitar gunung Tabo.

Sumber : Antara

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya