Daerah Wisata di Papua Diminta Kurangi Penggunaan Botol Plastik

Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani meminta pengelola daerah wisata yakni Raja Ampat, Kaimana, Wondama dan Kabupaten Tambrauw agar mengurangi sampah plastik terutama botol air mineral.
Keindahan salah satu objek wisata bawah laut di Raja Ampat./Bisnis-Fariz Fadhilah
Keindahan salah satu objek wisata bawah laut di Raja Ampat./Bisnis-Fariz Fadhilah

Bisnis.com, MANOKWARI – Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani meminta pengelola daerah wisata yakni Raja Ampat, Kaimana, Wondama dan Kabupaten Tambrauw agar mengurangi sampah plastik terutama botol air mineral.

"Pengurangan sampah plastik tersebut guna menghindari kerusakan lingkungan terutama pencemaran laut akibat sampah yang baru bisa ratusan tahun membusuk tersebut," kata Wagub di Manokwari, Jumat.

Dia mengatakan, sampah plastik seperti botol air mineral mengganggu kehidupan biota bawah laut dan memerlukan waktu yang sangat lama untk terurai di alam.

Menurut dia, daerah wisata bahari di Papua yakni Barat Raja Ampat, Kaimana, Wondama dan Kabupaten Tambrauw bahkan Manokwari harus menjaga kebersihan laut dari sampah plastik agar pariwisata daerah tersebut tetap berkelanjutan.

Ia menyampaikan, Kabupaten Raja Ampat sudah mulai mengurangi sampah plastik dengan mengampanyekan penggunaan tumbler atau botol air isi ulang.

Penggunaan tumbler tersebut adalah salah satu upaya nyata mengurangi botol plastik yang dapat menghasilkan banyak sampah di perairan daerah tujuan wisata.

Wagub berharap tidak hanya Raja Ampat, tetapi daerah wisata Kaimana, Wondama, Tambrauw dan Kabupaten Manokwari mengikuti penerapanan penggunaan tumbler tersebut.

"Bahkan seluruh daerah di Provinsi Papua Barat dapat pula melakukan program-program konservasi yang dapat mengurangi sampah plastik," tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler