Mahasiswa Asli Papua Didorong Berwirausaha

Oleh: Newswire 18 April 2018 | 15:21 WIB
Ilustrasi pelajar di Papua./Antara-Musa Abubar

Bisnis.com, JAYAPURA - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Port Numbay mendorong orang asli Papua agar gencar dalam berwirausaha disertai upaya meningkatkan kualitas usaha.

Ketua STIE Port Numbay Jayapura John Agustinus mengatakan sejak perguruan tinggi itu berdiri pada 1996, pihaknya mengemban visi meningkatkan kapabilitas dan kemampuan mahasiswanya, terutama OAP, yang dijabarkan dalam misi entrepreneurship.

"Ada bidang kewirausahaan, yang nantinya dalam setiap perkuliahan dan kurikulum pada masing-masing program studi, baik itu untuk program D3, S1, S2, pihak kampus selalu menyisipkan kegiatan-kegiatan tentang 'enterprenuer' pada mahasiswanya," ujarnya di Jayapura, Papua, pada Rabu (18/4/2018).

Menurut John, bagaimana mahasiswa itu bisa bertumbuh dan berkembang, bukan hanya dengan pengetahuan yang didapat dari kampus, tetapi juga kemampuan untuk berwirausaha sehingga adapula kurikulum untuk kewirausahaan.

"Untuk menuju ke arah tersebut, pihak kampus melengkapi berbagai fasilitas kampus, seperti ada laboratorium bank mini di mana mahasiswa bisa bekerja selayaknya bekerja di bank," ujarnya.

Selain itu, juga ada fasilitas laboratorium lainnya sehingga ketika nantinya lulus, tidak hanya berpikir untuk menjadi pegawai negeri, tetapi juga bisa berwirausaha atau bekerja di perusahaan swasta.

"Kami punya kurikulum tidak mengajarkan harus menjadi ASN [aparatur sipil negara], tetapi akan menjadi keputusan mahasiswa setelah lulus. Jadi, kami hanya memberikan bekal untuk mahasiswa mandiri," lanjutnya.

John menambahkan kampus yang dikelolanya itu sejak 2015 telah meluluskan 48 orang sarjana S2, dan umumnya putra daerah yang berprofesi sebagai pegawai pemerintah.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya