Pembangunan Selesai, Bandara Werur Siap Perluas Ekonomi Papua Barat

Oleh: Jaffry Prabu Prakoso 15 Februari 2018 | 18:43 WIB
Pembangunan Selesai, Bandara Werur Siap Perluas Ekonomi Papua Barat
Bandara Werur di Tambrauw, Papua Barat./Flight Zona

Bisnis.com, JAKARTA -- Bandara Werur yang terletak di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, sudah selesai dibangun dan siap dioperasikan untuk memeratakan perekonomian di daerah tersebut.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni mengatakan beroperasinya Bandara Werur makin melengkapi upaya kementerian mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

“Kabupaten Tambrauw yang terletak di daerah pesisir sesungguhnya mempunyai posisi strategis bagi daerah-daerah di sekitarnya dan Propinsi Papua Barat secara umum,” katanya melalui keterangan pers yang diterima Bisnis pada Kamis (15/2/2018).

Menurut Maria, imbas positif telah dirasakan masyarakat Kabupaten Tambrauw dengan kehadiran bandara ini yaitu terpangkasnya harga-harga kebutuhan pokok karena distribusi pengangkutannya yang lebih lancar dengan menggunakan pesawat.

“Dengan demikian target pemerintah untuk meningkatkan perekonomian, budaya, dan pariwisata di daerah ini khususnya dan Papua Barat pada umumnya dapat terwujud dengan beroperasinya Bandara Werur,” tambahnya.

 Maria menjelaskan Kabupaten Tambrauw saat ini memiliki beberapa potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah potensi wisata baik wisata alam maupun budaya.

Daerah ini merupakan salah satu ajang pertempuran dan pangkalan pasukan pada Perang Dunia II. Banyak ditemukan sisa-sisa peninggalan pasukan Jepang maupun Sekutu. Peralatan perang maupun peralatan hidup pasukan Jepang dan Sekutu masih banyak ditemukan dan berpotensi dikembangkan menjadi wisata sejarah.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya