Disambut Bora-bora, Tim Ekspedisi NKRI Tiba di Mappi, Papua

Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 tiba di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.
Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 berkunjung ke Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, dan kedatangannya disambut oleh Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu/Antara
Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 berkunjung ke Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, dan kedatangannya disambut oleh Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu/Antara

Bisnis.com, KEPI, PAPUA - Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 tiba di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, dan kedatangannya disambut oleh Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu beserta segenap masyarakat dari 15 distrik di dermaga Distrik Naiboman Bapai, Kepi, pada Senin (7/8/2017).

Rombongan Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi yang berjumlah 97 orang itu disambut tarian tradisional Bora-bora (tarian persahabatan), meskipun diguyur hujan deras.

Komandan Sub Kordinator Wilayah-2/Mappi Kapten Inf Pardol dikalungi pakaian adat oleh tokoh adat setempat dan penyerahan bendera merah putih oleh Bupati Mappi sebagai  simbol masyarakat Mappi sangat senang menerima kedatangan Tim Ekspedisi NKRI itu.

Setelah penyambutan di dermaga, peserta ekspedisi dan seluruh perangkat daerah menuju gelanggang olahraga Kepi untuk melaksanakan jamuan makan malam bersama, kemudian dilanjutkan dengan paparan dan penjelasan kegiatan Ekspedisi NKRI 2017 oleh Komandan Sub Kordinator Wilayah-2/Mappi Kapten Inf Pardol.

Pada kesempatan itu, Kapten Inf Pardol menyampaikan bahwa Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 merupakan kegiatan yang ketujuh.

Sebelumnya, ekspedisi dilakukan di Bukit Barisan pada 2011, Khatulistiwa 2012, Sulawesi 2013, Maluku dan Maluku Utara 2014, Nusa Tenggara dan Bali 2015, dan Papua Barat 2016.

Kapten Pardol menjelaskan tujuan dari Ekspedisi NKRI 2017 yakni mendata dan meneliti segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan cinta tanah air, meningkatkan pertahanan keamanan nasional, dan membangkitkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan.

Selain itu, memberikan teladan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam serta meningkatkan akses perhubungan, komunikasi dan perekonomian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Mappi Kristostimus Agawemu menyampaikan bahwa Mappi merupakan Distrik Seribu Rawa. Mappi merupakan kabupaten pemekaran dari Merauke.

"Rawa-rawa inilah yang menyatukan kita menjadi saudara. penyambutan tadi menunjukan bahwa kita Indonesia, kita Pancasila, kita Bhinneka Tunggal Ika, karena bermacam-macam suku menyambut," ujarnya.

Hadir pada acara penyambutan, Wakil ketua DPR, Sekda, Kapolres, Pabung Yonif 755, Danramil, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, serta masyarakat Kabupaten Mappi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler