Pacu Literasi Keuangan, CIMB Niaga Garap Kota Ambon

Oleh: Fahmi Achmad 29 Oktober 2015 | 17:18 WIB
cimb niaga

Bisnis.com, JAKARTA-- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali melaksanakan kegiatan corporate social responsibilty (CSR) bertajuk Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) di wilayah timur Indonesia.

Setelah berlangsung di Jayapura, Papua pada tahun lalu, Ambon, Maluku menjadi pilihan lokasi kegiatan AMDB kali ini sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Literasi Keuangan (GNLK).

Di kota yang dikenal juga dengan nama Ambon Manise ini, CIMB Niaga melakukan edukasi di bidang perbankan kepada 600 pelajar dari dua sekolah dasar (SD) dan dua sekolah menengah pertama (SMP) masing-masing SD Negeri 2 Latihan, SD Negeri 6 Tawiri, SMP Negeri 3 Galala, dan SMP Kristen Urimesing.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga L. Wulan Tumbelaka mengatakan, sebagai bagian dari pilar Pendidikan kegiatan CSR CIMB Niaga, AMDB juga difokuskan untuk menyasar masyarakat di wilayah timur Indonesia.

Hal itu, ujarnya, bertujuanuntuk pemerataan implementasi dari gerakan nasional aliterasi keuangan yang digagas Otoritas Jasa Keuangan. Sebelumnya pada awal Maret 2014, aktivitas serupa juga telah dilaksanakan di provinsi paling barat - Nangroe Aceh Darussalam -  dan dilanjutkan dengan penyelenggaraan di daerah-daerah lainnya.

"AMDB adalah wujud kontribusi langsung kami yang diharapkan berdampak positif terhadap masyarakat. Melalui program ini, CIMB Niaga mengajak masyarakat khususnya para pelajar SD dan SMP di berbagai wilayah di Tanah Air untuk mengenal perbankan dan memanfaatkan produk dan jasa yang tersedia," jelas Wulan.

Peserta AMDB tingkat SD akan mengikuti rangkaian kegiatan edukasi atau pengenalan produk dan jasa perbankan melalui konsep permainan edukatif digital run banking run.

Peserta juga berkesempatan memperoleh pengalaman perbankan melalui aktivitas Mini Banking Role Play yaitu pengenalan terhadap fungsi dan peran para petugas bank seperti teller, customer service dan edukasi bagaimana membuka tabungan di bank.

Selain itu, mereka juga diajak untuk melakukan aksi penanaman pohon sebagai simbol dari pentingnya menabung. Adapun peserta tingkat SMP, akan mengikuti rangkaian kuis literasi keuangan dan digital writing competition dengan tema menabung dan berbagi.

Bagi para pelajar yang berkecukupan, juga diajak untuk menumbuhkan semangat berbagi dengan sesama. Mereka dapat melakukan aksi penggalangan dana untuk didonasikan kepada rekan-rekannya yang kurang beruntung melalui rekening khusus program AMDB: 064.01.64927.00.9.

Wulan menambahkan AMDB telah memasuki tahun kelima pelaksanaannya. Pada periode tersebut, tercatat 19.674 pelajar dari 146 SD dan 6 SMP di berbagai wilayah Indonesia telah berpartisipasi. Aksi sosial ini juga turut melibatkan karyawan CIMB Niaga sebagai sukarelawan.

"Ini adalah bagian dari upaya menumbuhkan rasa solidaritas terhadap masyarakat sekitar. Dengan demikian, CIMB Niaga melalui karyawannya, bisa membantu masyarakat sebagai salah satu pemangku kepentingan CIMB Niaga," ujar Wulan.

Editor: Fahmi Achmad

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer