Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Polda Papua Waspadai Gangguan KKB pada 2020

Polda Papua mewaspadai gangguan kelompok kriminal bersenjata pada 2020.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Desember 2019  |  01:13 WIB
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw - Istimewa
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw - Istimewa

Bisnis.com, JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan gangguan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) masih akan mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada 2020.

“Memang benar gangguan KKB masih mewarnai gangguan Kamtibmas dan menjadi ancaman pada 2020 hingga menimbulkan ketakutan bagi warga masyarakat khususnya pendatang,” ungkapnya pada Senin (30/12/2019).

Oleh karena itu, pihaknya akan membentuk tim khusus untuk melakukan pemetaan, pengejaran, serta penangkapan dan memproses sesuai hukum yang berlaku terhadap anggota KKB di Papua.

Dia menambahkan untuk mengatasi gangguan kamtibmas yang dilakukan KKB, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemda agar menerbitkan perda untuk melarang keberadaan ormas yang melakukan kegiatan bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan sinergitas dan keterpaduan dengan para pemangku kepentingan guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Papua sehingga pembangunan dapat berlangsung optimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selama 2019 tercatat 23 kasus gangguan KKB yang menyebabkan 10 anggota TNI-Polri yang gugur, kata Waterpauw.

Mantan Kapolda Sumut itu mengakui gangguan KKB selain di wilayah Pegunungan Tengah, juga terjadi di Polresta Jayapura Kota, Mimika, dan Paniai.

Ancaman KKB tidak saja kepada aparat keamanan, tetapi juga warga, sehingga menyebabkan tidak dapat beraktivitas dengan normal karena takut.

Waterpauw mengemukakan pula bahwa saat ini banyak muka baru yang bermunculan dan mampu mengorganisir seperti Egianus Kogoya.

Selain gangguan yang disebabkan KKB, dia juga memprediksi kejahatan konvensional dan kejahatan lintas negara seperti penyelundupan narkotika masih mewarnai 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua gangguan keamanan

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top