Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabel Laut Internet ke Papua Putus, Ini Langkah Telkom

Layanan data baik fixed maupun mobile broadband masih dalam proses pemulihan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 01 Mei 2021  |  16:08 WIB
Para pekerja menarik kabel bawah laut untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan destinasi wisata Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, du Desa Gili Indah, Kabupaten Lombok Utara, NTB.  - Antara/Humas PLN UIW NTB.
Para pekerja menarik kabel bawah laut untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan destinasi wisata Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, du Desa Gili Indah, Kabupaten Lombok Utara, NTB. - Antara/Humas PLN UIW NTB.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) mempercepat upaya perbaikan kualitas layanan data internet yang sebelumnya sempat terganggu akibat kabel putus pada titik 360 kilometer yang berada di wilayah Jayapura antara Sami dengan Biak.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (1/5/2021), mengatakan untuk layanan telepon dan pesan singkat saat ini sudah kembali normal.

"Layanan data baik fixed maupun mobile broadband masih dalam proses pemulihan kualitas layanan secara bertahap dengan mengoptimalkan kapasitas satelit, sistem komunikasi radio IP terrestrial, termasuk pemanfaatan jarinan Palapa Ring Timur," kata Pujo.

Lebih lanjut dia menyampaikan permohonan maaf perseroan atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan masyarakat di wilayah Jayapura akibat terganggunya layanan data internet.

"Kami akan mengupayakan percepatan agar kualitas layanan bisa segera kembali normal,” kata Pujo.

Sebelumnya, Telkom Jayapura menyatakan kabel laut miliknya putus pada titik 360 kilometer pada Jumat (30/4), sehingga mengakibatkan komunikasi digital melalui jaringan data seluler tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Perbaikan kabel putus di tengah laut harus menunggu kapal khusus, sehingga membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Hingga kini, Telkom belum mengetahui penyebab kabel laut putus tersebut.

Berdasar pantauan pewarta Antara di lapangan, komunikasi menggunakan telepon dan pesan singkat baru dapat digunakan pada Sabtu pagi (1/5).

Sedangkan jaringan data seluler hingga saat ini masih belum bisa digunakan sama sekali.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet papua telkom

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top