Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dermaga Pomako Timika Amblas 2 Meter Selesai Diperbaiki, tapi belum bisa Digunakan

Dermaga lama Pelabuhan Pomako Timika, Papua selesai diperbaiki setelah sempat amblas setinggi 2 meter pada betangan dermaga sepanjang 10 meter, namun dermaga itu belum bisa digunakan;
Foto satelit Pelabuhan Pomako Timika, Papua. Foto: Google Maps
Foto satelit Pelabuhan Pomako Timika, Papua. Foto: Google Maps

Bisnis.com, MIMIKA - Dermaga lama Pelabuhan Pomako Timika, Papua selesai diperbaiki setelah sempat amblas setinggi 2 meter pada betangan dermaga sepanjang 10 meter.

Meskipun selesai diperbaiki, dermaga tersebut masih belum bisa difungsikan untuk menjaga kualitas pembetonan.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Pomako Timika Husni Anwar Tinotak di Timika, Jumat, mengatakan meski perbaikan dermaga lama yang mengalami penurunan itu sudah tuntas, namun hingga kini belum bisa digunakan untuk menjaga kualitasnya.

"Untuk sementara ini kami tutup dulu, belum bisa ada aktivitas bongkar muat di situ. Kami khawatir jika langsung digunakan untuk sandar kapal, maka bagian yang diperbaiki itu bisa rontok lagi. Ini butuh waktu beberapa bulan ke depan baru bisa digunakan kembali untuk aktivitas bongkar muat barang dan penumpang," jelas Husni, Jumat (16/10/2020) seperti dilaporkan Antara.

Dermaga yang diperbaiki itu merupakan salah satu satu sisi dermaga lama Pelabuhan Pomako yang dibangun sejak akhir 1990-an.

Beberapa bagian tiang pancang dermaga itu sempat mengalami penurunan lebih dari dua meter sehingga menghambat aktivitas bongkar muat barang dan penumpang di Pelabuhan Pomako.

Untuk pekerjaan perbaikan dermaga yang mengalami penurunan itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengalokasikan anggaran sebesar Rp23 miliar.

Tidak semua fasilitas dermaga itu mengalami penurunan, hanya sekitar 10 meter dari total panjang sekitar 87 meter.

Saat ini sebagian besar aktivitas bongkar muat barang maupun penumpang di Pelabuhan Pomako baik dari kapal-kapal ekspedisi maupun kapal penumpang Pelni dilakukan pada lokasi dermaga baru dengan panjang 100 meter yang dibangun sekitar 2013 hingga 2014.
Husni mengatakan sejak akhir September aktivitas pelayaran kapal Pelni di Pelabuhan Pomako kembali dibuka setelah sempat ditutup selama beberapa bulan akibat pandemi COVID-19.

Meski sudah dibuka kembali, katanya, penumpang yang hendak naik ke kapal dibatasi hanya 70 persen dari kapasitas angkut kapal.

"Saat-saat awal kapal Pelni mulai beroperasi lagi di Pelabuhan Pomako, penumpang yang naik memang membludak melebihi 70 persen kapasitas angkut. Tapi kalau sekarang ini memang dibatasi maksimal diisi 70 persen," jelasnya.

Terdapat tiga kapal PT Pelni (Persero) yang melayani rute pelayaran ke Pelabuhan Pomako Timika yaitu KM Tatamailau, KM Sirimau dan KM Leuser.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper