Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Papua Perkuat Infrastruktur Pemeriksaan Covid-19

Pemprov Papua saat ini berencana membeli tiga alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Mei 2020  |  19:57 WIB
Alat qPCR dari perusahaan rintisan Nusatics untuk melakukan tes cepat pasien terinfeksi virus corona atau Covid-19. - Dok.Nusatics
Alat qPCR dari perusahaan rintisan Nusatics untuk melakukan tes cepat pasien terinfeksi virus corona atau Covid-19. - Dok.Nusatics

Bisnis.com, JAYAPURA - Pemprov Papua saat ini berencana membeli tiga alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mempercepat pemeriksaan sampel swab pasien Covid-19.

Alat-alat tersebut nantinya akan ditempatkan di Merauke, Biak dan Nabire, kata Wagub Papua Klemen Tinal di Jayapura, Jumat (15/5/2020).

Dikatakannya, dengan dimilikinya alat tersebut diharapkan dapat mempercepat proses pemeriksaan sampel pasien Covid-19 yang saat ini harus dilakukan di Jayapura.

"Di Jayapura saat ini terdapat dua unit PCR yang pengoperasiannya dilakukan Litbangkes dan Labkesda," kata KT seraya mengakui belum dipastikan merk apa yang dibeli.

Satgas Covid-19 sudah diminta untuk merealisasikannya sehingga alat tersebut dapat segera digunakan, kata Wagub KT.

Sementara itu Jubir Penanganan COVID-19 Papua Dr. Silwanus Sumule mengatakan belum ada keputusan tentang merek mesin yang akan dibeli.

Tim masih melakukan kajian apakah membeli merek yang sama dengan yang ada di Labkesda atau merek lain yang harganya relatif lebih murah, namun belum diketahui pasti kualitasnya, kata Dr. Sumule.

Alat PCR yang pengoperasionalnya dilakukan Litbangkes dan Labkesda di Jayapura saat ini sudah memeriksa 1.582 sampel dari seluruh Papua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top