Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim Inspeksi Mendadak ke Pasar di Jayapura, Ini Temuannya

Harga bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional berkisar antara Rp48.000 hingga Rp60.0000 Kg.
Ilustrasi kegiatan di pasar tradisional./Antara
Ilustrasi kegiatan di pasar tradisional./Antara

Bisnis.com, JAYAPURA - Direktorat Reskrimsus Polda Papua bersama sejumlah instansi terkait menggelar inspeksi mendadak atau sidak di sejumlah pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Jayapura, Papua untuk memantau ketersedian bahan pokok serta harganya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Senin (17/2/2020) malam mengatakan sebelum dilaksanakan sidak terlebih dahulu dilaksanakan rapat koordinasi di Mapolda Papua.

"Jadi, sebelum sidak, Dit Reskrisus Polda Papua bersama instansi terkait gelar rapat koordinasi," katanya.

Instansi terkait yang ikuti rapat koordinasi itu di antaranya pimpinan wilayah Bulog Papua dan Papua Barat Sopran Kenedi, bersama Kabid komersial Bulog Dwi Yuniarko dan tim.

Lalu, Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Lunanka Daemboa beserta tim, perwakilan dari Dinas Perindagkop UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Simon Menanti dan tim.

"Dan Kabid Penyelidikan BPOM Jayapura Dyah Ariyani dan tim, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Darmawan TB Hutabarat dan Kanit 1 Subdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Papua AKP Komang Yustrio Wirahadi Kusuma bersama Tim," katanya.

"Setelah digelar rapat koordinasi dilanjutkan dengan sidak di pasar tradisional dan pasar modern khususnya Kota Jayapura dalam rangka pengecekan, pengawasan serta pendataan ketersediaan dan harga kebutuhan pokok komoditi pangan dengan sasaran utama bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit," katanya.

Setelah dilaksanakan rapat dilanjutkan dengan sidak di pasar tradisional yakni Pasar Hamadi dan Pasar Youtefa, dilanjutkan sidak ke pasar modern yakni ke Hypermart Tanah Hitam.

"Dari hasil sidak tersebut didapat bahwa bahwa ketersediaan bahan pangan berupa bawang merah, bawang putih dan cabe rawit di dalam pasar masih aman dan masih tercukupi," katanya.

Harga bawang merah dan bawang putih di pasar tradisional berkisar antara Rp48.000 hingga Rp60.0000 Kg, sedangkan untuk cabai berkisar di harga Rp40.000 hingga Rp45.000 per Kg.

"Sementara di pasar modern penjualan komoditi dengan jenis yang sama dijual dengan harga lebih tinggi sedikit yaitu berkisar Rp49.000 hingga Rp64.490 per Kg, sedangkan untuk cabai berkisar di harga Rp48.000 per Kg.

"Harga tersebut masih dipandang relatif stabil untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya. Rapat koordinasi bersama Tim Satgas Pangan dari Polda Papua dan stakeholder tetap akan dilaksanakan secara berkesinambungan dan bertahap," katanya,

"Serta Tim Satgas Pangan akan tetap terus meningkatkan sinergi antarinstansi terkait dalam rangka menjaga ketersediaan pangan dan kestabilan harga komoditi pangan khususnya di wilayah hukum Polda Papua," katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler