5.588 Pengungsi dari Wamena Dievakuasi ke Lanud Silas Papare Jayapura

Jajaran Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Senin malam (30/9/2019) berhasil mengevakuasi 5.588 pengungsi dari Wamena.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 September 2019  |  21:06 WIB
5.588 Pengungsi dari Wamena Dievakuasi ke Lanud Silas Papare Jayapura
Proses evakuasi pengungsi dari Wamena ke Lanud Silas Papare di Sentani, Kabupaten Jayapura. - Antara

Bisnis.com, JAYAPURA – Jajaran Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Senin malam (30/9/2019) berhasil mengevakuasi 5.588 pengungsi dari Wamena ke Jayapura setelah kerusuhan di Kabupaten Jayawijaya sepekan lalu.

Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan pihaknya menggunakan dua pesawat Hercules dengan total tujuh penerbangan untuk mengevakuasi para pengungsi.

"Pesawat Hercules yang kami gunakan yakni A1336 dengan tiga sorti dan A1305 dengan empat sorti," ungkapnya pada Senin malam.

Menurut Danlanud Tri, rata-rata satu sorti dapat mengangkut sebanyak 160 hingga 170 orang di mana para pengungsi yang hendak dievakuasi dapat langsung mendaftar ke detasemen Wamena dan akan didata langsung.

"Pengungsi yang diutamakan akan dievakuasi turun dari Wamena ke Jayapura yakni wanita dan anak-anak," ujarnya.

Dia menjelaskan rencananya Selasa (1/10/2019) pihaknya akan menyediakan tiga pesawat yang masing-masing akan terbang dengan tiga sorti. "Pada Selasa kami akan menyediakan setidaknya 11 flight dalam sehari dengan tiga pesawat tersebut."

Tri menambahkan pihaknya juga berencana menyediakan satu flight ke Biak, Merauke, dan Timika sehingga tidak hanya ke Jayapura agar masyarakat yang memiliki kerabat di tiga wilayah tersebut dapat langsung menemui sanak keluarga mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
papua, kerusuhan

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top