Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biak Bangun Dua Kampung Tangguh Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Biak Numfor telah membangun Kampung Aryom dan Kampung Soryar di Distrik Biak Timur menjadi kampung tangguh bencana dalam tahun 2019.
Biak di Papua/Istimewa
Biak di Papua/Istimewa

Bisnis.com, BIAK--Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Biak Numfor telah membangun Kampung Aryom dan Kampung Soryar di Distrik Biak Timur menjadi kampung tangguh bencana dalam tahun 2019.

"Kampung tangguh siaga tangguh bencana adalah sebuah desa atau kelurahan yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman bencana di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan risiko bencana," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Biak Alfeus Yerangga di Biak, Minggu.

Ia menjelaskan, kampung tangguh bencana perencanaan pembangunannya mencakup upaya-upaya pencegahan, pengurangan risiko, dan penanggulangan bencana, termasuk upaya peningkatan kapasitas dalam melakukan upaya pemulihan pasca-bencana.

Selain itu, Alfeus melanjutkan, warga kampung tangguh bencana terlibat aktif dalam upaya untuk mengkaji, memantau, dan mengevaluasi upaya-upaya pengurangan risiko bencana serta penanggulangan dampak bencana di wilayah mereka.

Pembentukan kampung dan desa tanggung bencana, ia menjelaskan, ditujukan untuk meningkatkan kemampuan warga dalam mencegah dan menghadapi dampak bencana.

Selain itu, menurut dia, pembentukan kampung atau desa tangguh bencana juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat dalam mengelola sumber daya dan memelihara kearifan lokal masyarakat adat setempat.

Ia mengharapkan kerja sama antara pemerintah daerah, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat adat, serta kelompok-kelompok lainnya dalam upaya pencegahan, pengurangan risiko, dan penanggulangan bencana.

Di wilayah yang termasuk rentan mengalami bencana seperti Kabupaten Biak Numfor, ia mengatakan, mitigasi bencana sangat penting untuk meminimalkan korban dan kerugian akibat bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler