Bawaslu Temukan TPS di Mimika Tak Sesuai Prosedur

Bawaslu Provinsi Papua menemukan salah satu TPS di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, yang melaksanakan pencoblosan tidak sesuai dengan prosedur pemilu.
Newswire | 17 April 2019 20:22 WIB
Ilustrasi seorang pemilih menceluokan jarinya ke tinta sebagai penanda bahwa dia telah menggunakan hak suaranya. - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAYAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua menemukan salah satu TPS di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, yang melaksanakan pencoblosan tidak sesuai dengan prosedur pemilu.

"Ada satu TPS di Kuala Kencana memobilisasi massa, lalu memilih tidak sesuai dengan prosedur," kata Komisioner Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoach ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu (17/3/2019).

Yang dimaksud dengan tidak prosedural, kata Ronald yang sedang berada di Timika, adalah saat akan mencoblos oknum pemilih tidak menunjukkan identitasnya, misalnya KTP elektronik atau formulir model C6-KPU.

"Saya temukan juga tidak ada DPT yang ditempel di dekat TPS, agar warga atau pemilih bisa mengecek nama-namanya," katanya menyebutkan sejumlah hal yang tidak prosedural.

Mengenai hal ini, lanjut Ronald, Bawaslu Papua sedang mendalaminya, yang nantinya mencocokkan dengan data DPT. "Jika tidak sesuai berarti ini ilegal," tuturnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, Pilpres 2019

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Terpopuler

Top
Tutup