Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Frans Kaisiepo Terdampak Pengurangan Jadwal Penerbangan

Pengurangan penerbangan Garuda Indonesia ke bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak, Papua, sejak pertengahan Januari 2019 mempengaruhi pendapatan jasa pengelolaan bandara setempat.
Bandara Internasional Frans Kaisiepo/franskaisiepo-airport.co.id
Bandara Internasional Frans Kaisiepo/franskaisiepo-airport.co.id

Bisnis.com, BIAK – Pengurangan penerbangan Garuda Indonesia ke bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak, Papua, sejak pertengahan Januari 2019 mempengaruhi pendapatan jasa pengelolaan bandara setempat.

"Perubahan waktu operasi penerbangan Garuda dari satu minggu menjadi empat kali berdampak kepada penghasilan perusahaan," ungkap General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Frans Kaisiepo Biak Agus Budiharto dihubungi di Biak, Sabtu (26/1/2019).

Ia mengakui adanya perubahan jadwal operasi penerbangan Garuda Indonesia karena telah mengurangi jumlah penumpang yang naik dan turun di Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Agus menyebutkan dengan minimnya jumlah penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara di Bandara Biak membuat operator penerbangan Garuda Indonesia mengurangi waktu operasi layanan dari tujuh kali seminggu berkurang menjadi empat hari dalam seminggu.

"Kami berharap pengurangan waktu operasi ini sifatnya sementara, ya ke depan layanan penerbangan Garuda Indonesia dapat kembali normal setiap hari," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Biak Fransisco Olla mengakui Pemkab Biak Numfor sudah menerima pemberitahuan perubahan jam operasional Garuda Indonesia ke Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak.

"Alasan pengurangan jam operasi ini karena rasio penumpang yang berangkat mengalami penurunan sehingga mempengaruhi biaya operasional operator jasa penerbangan," katanya.

Kadishub Fransisco Olla berharap PT Garuda Indonesia sebagai pengelola jasa penerbangan udara dapat menormalkan operasional setiap hari selama tujuh kali dalam seminggu.

Hingga, Sabtu pukul 09.30 WIT aktivitas keberangkatan di Terminal Bandara Frans Kaisiepo Biak tampak sepi karena hanya ada satu penerbangan Sriwijaya tujuan Biak-Jayapura dan Biak-Makassar-Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler