Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Ron Gunung Gamalama Jadi Favorit Wisatawan

Wisata ron gunung atau mengelilingi kaki Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) banyak diminati wisatawan.
Gunung Gamalama./Kieraha.com
Gunung Gamalama./Kieraha.com

Bisnis.com, TERNATE – Wisata ron gunung atau mengelilingi kaki Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) banyak diminati wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing yang berkunjung di daerah ini.

"Hampir semua wisatawan yang berkunjung di Ternate selalu ingin menikmati wisata ron gunung, baik dengan memanfaatkan pemandu wisata maupun sendiri," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, Selasa (7/8/2018).

Wisata ron gunung banyak diminati wisatawan, karena selain jarak tempuhnya hanya sekitar 44 kilo meter juga biaya yang dikeluarkan wisatawan relatif murah yakni Rp300.000 kalau menggunakan angkutan mobil dan Rp100.000 kalau memanfaatkan jasa ojek sepeda motor.

Menurut dia, hal lain yang juga menjadi daya pikat wisatawan untuk menikmati wisata ron gunung adalah sepanjang jalan yang dilewati, akan tampak berbagai objek wisata yang menarik.

Ia menyebutkan objek wisata yang bisa dinikmati wisatawan saat mengikuti wisata ron gunung, di antaranya sejumlah objek wisata peninggalan sejarah, seperti Benteng Oranje, Benteng Toloko, Benteng Kastela, Benteng Kalamata dan Kedaton Kesultanan Ternate.

Selain itu, objek wisata pantai seperti Pantai Tobololo, Pantai Sulamadaha dan Pantai Jikomalamo serta objek wisata alam berupa Danau Tolire, Danau Ngade dan panorama Gunung Gamalama yang selalu mengeluarkan asap.

Dalam Perjalanan mengelilingi kaki Gunung Gamalama itu, wisatawan juga bisa menyaksikan hamparan perkebunan cengkih dan pala serta sejumlah sentra usaha pengolahan pala, seperti pembuatan sirup pala dan minyak cengkih serta kerajinan batik dan besi putih.

Samin menambahkan, Pemkot Ternate kini terus membenahi fasilitas seluruh objek wisata yang ada di jalur jalan lingkar Ternate, seperti penyediaan toilet dan tempat parkir untuk memberi kenyamanan kepada setiap wisatawan yang berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper