Jayawijaya Kembangkan Ubi Jalar di Distrik Hubikiak

Oleh: Newswire 27 November 2018 | 21:45 WIB
Jayawijaya Kembangkan Ubi Jalar di Distrik Hubikiak
Uji jalar/Antara

Bisnis.com, WAMENA – Wakil Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua, John R. Banua meluncurkan kawasan pengembangan hortikultura potensi unggulan kampung di Distrik Hubikiak.

Wabup mengharapkan program tersebut dapat mengarahkan masyarakat agar memanfaatkan sebagian dana desa yang dimiliki untuk pengembangan produk unggulan setempat misalnya ubi jalar.

"Melalui kegiatan seperti ini, kita mengajak masyarakat mengatur dana kampung untuk membuka lahan pertanian, yang dapat mendorong peningkatan ekonomi mereka bersama," ungkapnya di Kampung Likino, Distrik Hubikiak, Selasa (27/11/2018).

Kebijakan pemerintah untuk mengintervensi program dana kampung dilakukan sebab pemerintah menilai ada kepala-kepala kampung di beberapa tempat yang tidak memanfaatkan dana tersebut untuk kepentingan bersama.

"Ini satu program yang harus kita pakai untuk kegiatan kepada masyarakat, karena kita tahu bahwa banyak kepala kampung tidak bisa menggunakan dana dengan baik untuk masyarakat membuka lahan di kampung-kampung," ungkapnya.

Pengembangan potensi unggulan kampung itu, menurutnya akan dikawal agar diterapkan lagi di 327 kampung se-Jayawijaya.

"Program unggulan masing-masing kampung itu mereka sendiri yang tentukan, apakah beternak, berkebun atau kegiatan lain, sesuai produk unggulan mereka di kampung," kata Banua.

Pada peluncuran program itu, warga Likino menggunakan separuh dari dana desa/kampung yang dimiliki untuk pembukaan kurang lebih 10 hektare lahan kebun ubi jalar.

 

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya