Harga Ikan Cakalang Segar di Ambon Naik 20 Persen

Oleh: Newswire 19 November 2018 | 13:59 WIB
Harga Ikan Cakalang Segar di Ambon Naik 20 Persen
Ikan cakalang/Bisnis-Rachman

Bisnis.com, AMBON - Harga ikan Cakalang segar yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar ikan Arumbai kawasan pasar Mardika mulai bergerak naik hingga mencapai Rp80.000 hingga Rp90.000/ekor atau 14%--29% dari sebelumnya Rp70.000/ekor.

Hasil pantauan di lokasi pasar Arumbai, Ambon, Maluku, Senin, terlihat para pedagang ikan mulai menaikan harga ikan Cakalang segar yang ukuran besar mencapai Rp80.000/ekor, atau naik dari sebelumnya Rp70.000.

"Ikan Cakalang segar sejak beberapa hari belakangan ini tidak masuk ke pasar dari desa-desa nelayan sehingga mempengaruhi harga jual kepada warga Kota Ambon," kata Jusuf penadah di pasar ikan, Senin (19/11/2018), seperti dilaporkan Antara .

Jadi, lanjut dia, kalau ukuran yang biasanya Rp45.000 hingga Rp50.000 dijual dengan harga mencapai Rp60.000 itu memang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, sebab persediaannya menipis.

Selain itu banyak pedagang palele yang biasanya menjual ikan segar juga banyak yang duduk-duduk saja, yang terlihat hanya tiga sampai empat orang saja yang berjualan ikan Cakalang segar maupun ikan Tatihu itu adalah istri-istri para nelayan yang langsung berjualan di pasar.

"Ya mereka memanfaatkan situasi dan kondisi untuk mencari sedikit keuntungan," ujar Jusuf.

Jadi memang harga ikan Cakalang segar masih mahal, katanya, banyak warga kota yang mulai beralih ke jenis ikan Momar dan Kawalinya yang agak murah.

Jusuf juga mengakui kalau sampai sekarang ini penerapan harga ikan di lokasi pasar Ambon masih ditentukan lewat ukuran besar dan kecilnya ikan belum menggunakan kiloan.

"Patokan harga ini sama dengan ikan Momar dan Kawalinya maupun jenis ikan lainnya masih dalam bentuk ukuran ikan," ujarnya.

Seorang warga, Merry, yang ditemui seusai membeli ikan Momar mengatakan untuk saat ini beralih dulu ke ikan Momar yang lagi murah.

"Harga momar dan kawalinya yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar ikan Arumbay ini terbilang murah sebab 13 hingga 15 ekor untuk ikan momar dipatok harga Rp10.000/tumpuk, kalau ukuran agak besar 7-8 ekor di patok harga Rp10.000/tumpuk," ujarnya.

Memang sekarang ini lagi musim panen ikan Momar dan kawalinya, lanjutnya, jadi persediaan cukup banyak, karena itu banyak pembeli terutama para kaum ibu-ibu beralih ke ikan Momar dan Kawalinya yang sedang murah. Ikan Cakalang walaupun dilakukan penawaran susah untuk turun harga.

Dia menambahkan, yang lagi membaik hanya harga telur ayam ras walaupun bervariasi tetapi berkisar mulai dari Rp1.400 hingga Rp1.600/butir, tergantung ukuran, daging ayam beku asal Surabaya Rp35.000/kilogram dan daging sapi segar Rp100.000/kilogram.

Sumber : Antara

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya