Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BBM Satu Harga Kini Juga Hadir di Papua Barat

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meresmikan lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).
Petugas melakukan penyegelan tutup tangki truk BBM/ANTARA-Didik Suhartono
Petugas melakukan penyegelan tutup tangki truk BBM/ANTARA-Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meresmikan lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T).

Kali ini giliran warga Waigama, Distrik Misool Utara, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat yang dapat menikmati harga BBM sesuai dengan harga yang ditetapkan Pemerintah melalui kehadiran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak BBM Satu Harga.

Anggota Unsur Pemangku Kepentingan (AUPK) Dewan Energi Nasional (DEN) Achdiat Atmawinata mengatakan melalui program BBM Satu Harga, pemerintah akan terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh Indonesia.ketujuh yang didirikan di Papua Barat.

"SPBU Kompak Waigama di Misool Utara ini adalah SPBU ketujuh atau yang terakhir didirikan di Papua Barat dalam rangka program BBM Satu Harga. Sebelumnya telah dioperasikan SPBU Satu Harga di Pegunungan Arfak (Distrik Anggi), Sorong Selatan (Inanwatan dan Moswaren), Tambrauw (Sausapor), Teluk Bintuni (Manimeri), dan Maybrat (Ayamaru)," ujar Rinaldy.

Pada kesempatan yang sama, AUPK DEN Syamsir Abduh menambahkan bahwa Menteri ESDM mewujudkan Nawacita Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla dengan menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016.

"Untuk mewujudkan Nawacita pada Pemerintahan Presiden Jokowi, Kementerian ESDM menerbitkan Peraturan Menteri No. 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan secara Nasional, yang diberlakukan sejak 1 Januari 2017. Peraturan ini diterbitkan guna mempercepat persebaran BBM Satu Harga di seluruh wilayah Indonesia," jelas Syamsir.

Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati menyuarakan harapannya agar lembaga penyalur BBM Satu Harga dapat dibangun kembali di pulau-pulau lain di wilayah Raja Ampat.

Peresmian SPBU Kompak Waigama dilakukan oleh AUPK DEN Achdiat Atmawinata, Syamsir Abduh, dan Rinaldy Dalimi, bersama Region Manager Retail Fuel Marketing VIII PT Pertamina (Persero) Fanda Chrismianto, dengan disaksikan jajaran TNI, Polri, dan tokoh masyarakat Misool Utara.

Menurut Fanda, SPBU Kompak Waigama - Misool Utara ini adalah SPBU ke-29 yang telah beroperasi dari rencana 67 lembaga penyalur BBM Satu Harga yang akan didirikan oleh PT Pertamina (Persero) di tahun 2018.

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM bersama Badan Usaha Penerima Penugasan, yakni Pertamina dan AKR terus memetakan lokasi sasaran program BBM Satu Harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler