Gempa 5 SR di Timika tak Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa 5,1 Skala Richter (SR) yang  mengguncang Timika pada Selasa, pukul 14:34 WIB, tidak berpotensi terjadi tsunami.

Bisnis.com, JAYAPURA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa 5,1 Skala Richter (SR) yang  mengguncang Timika pada Selasa, pukul 14:34 WIB, tidak berpotensi terjadi tsunami.

Dari keterangan tertulis  Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, yang diterima Antara di Jayapura, Selasa, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan  5,1 SR yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi  5,0 SR.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,75 Lintang Selatan dan 137,09 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 41 KM arah Tenggara Kota Timika, Kabupaten Mimika, Propinsi Papua pada kedalaman 39 KM.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah Kabupaten Mimika ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan turun mendatar (normal oblique).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Timika dalam skala intensitas III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami . Hingga pukul 14.55 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Rahmat seperti dlansir Antara, Selasa (13/11/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler