Angka Kematian di Papua Masih Tinggi, Jangan Sampai Dipolitisasi

Pemerintah diminta mengevaluasi kinerja sejumlah rumah sakit di Papua akibat tingginya angka kematian dalam beberapa tahun terakhir ini.
Warga menunggu antrean saat berobat di puskesmas Ayam di kampung Bayiwpinam, Distrik Akat, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (26/1)./ANTARA-M Agung Rajasa
Warga menunggu antrean saat berobat di puskesmas Ayam di kampung Bayiwpinam, Distrik Akat, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (26/1)./ANTARA-M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah diminta mengevaluasi kinerja sejumlah rumah sakit di Papua akibat tingginya angka kematian dalam beberapa tahun terakhir ini.

Demikian dikemukakan oleh tokoh pemuda Papua yang juga Kepala Desk Papua di Badan Perencana Pembanguna Nasional (Bappenas), Samuel Tabuni saat memberikan keterangan pers didampingi oleh politisi senior Partai Golkar asal Papua Yorrys Raweyay, Senin (12/11).

Samuel mengatakan kalau tidak diwaspadai, tingginya angka kematian di wilayah tersebut berpotensi untuk dijadikan isu politik menjelang Pilpres 2019. Dia menegaskan pengucuran anggaran dari Dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua ternyata tidak mengurangi laju angka kematian di sejumlah rumah sakit Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Saya belum melihat rentetan kematian berhenti, malah bertambah sekalipun telah ada dana Otsus. Karena itu kami minta Kemenkes melakukan evaluasi,” ujar Direktur Eksekutif Papua Language Institute (PLI) itu menegaskan.

Dia menegaskan pemuda papua menginginkan adanya tim di tingkat kementerian datang ke Papua untuk mengevaluasi rumah sakit percontohan tidak memberikan pelayanan terbaik termasuk rumah sakit terbesar RS Dok II di Jaya Pura.

Dia mencontohkan meski telah menjadi rumah sakit rujukan dan mendapartkan dana Otsus, tapi sebanyak 421 orang meninggal selama Januari hingga November 2018. Demikian juga di rumah Sakit Dian Harapan dengan angka kematian 283 orang pada periode yang sama.

Sementara itu, Yorrys Raweyay mengatakan bahwa apa yang disampaikan Samuel bukan hal baru karena selama ini memang terjadi penurunan angka harapan hidup di provinsi.

Caleg DPD untuk Provinsi Papua tersebut juga menilai kondisi di Papua menunjukkan belum ada keseriusan di tingkat kementerian untuk menangani soal tingginya angka kematian.

“Tolong dicek semua dokter dan pelayan kesehatan di rumah sakit, apakah fasilitas kurang mendukung atau rumah sakit yang tak dikelola baik dan upah tenaga kesehatan yang tidak adil,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler