Warga Perbatasan di Papua Diberi Pelatihan Kerajinan Tangan

Oleh: Newswire 31 Oktober 2018 | 22:11 WIB
Warga Perbatasan di Papua Diberi Pelatihan Kerajinan Tangan
Ilustrasi kerajinan tangan dari limbah kelapa/Antara-Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAYAPURA - Direktorat Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri bersama Biro Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Pemerintah Provinsi Papua menggelar pelatihan keterampilan kerajinan tangan bagi warga wilayah perbatasan.

Jahar Gultom mewakili Kemenlu mengatakan pelatihan itu berlangsung selama 3 pekan yakni sejak Senin-Rabu (30-31/10) di Wisma Soccer Kotaraja, Kota Jayapura.

Menurut dia, pelatihan bertajuk Training on Youth and Women Empowerment for Border Communities in Indonesia and Papua New Guinea berkat kerja sama antara Direktorat Kerja Sama Teknik Kemenlu bersama dan Biro BPKLN Papua.

"Kegiatan pelatihan bagi masyarakat perbatasan ini merupakan salah satu perwujudan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kontribusi dan memainkan peran aktifnya dalam mendukung kesejahteraan global khususnya melalui kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan," ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang peserta, masing-masing 12 orang peserta dari Kabupaten Keerom dan sembilan orang peserta lainnya dari Provinsi Sandau, Papua Nugini.

"Dalam pelatihan ini para peserta akan belajar bersama serta mendapatkan materi dan praktik yang meliputi modul pembuatan kerajinan tangan dan pembuatan makanan dari bahan lokal," kata Gultom.

Ani Rumbiak, Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, mengapresiasi upaya konkret Kemenlu yang bekerja sama dengan BPKLN Papua dalam mendorong pembangunan daerah tersebut.

Dia menekankan pentingnya kerja sama masyarakat internasional untuk berpartisipasi mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) dan memastikan terlaksananya kemandirian dan kehidupan sosial yang lebih baik dengan mengedepankan prinsip no one left behind.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya