Papua Nugini Darurat Polio, Menkes Ingatkan Imunisasi Lengkap di Papua

Oleh: Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh 22 Oktober 2018 | 12:50 WIB
Papua Nugini Darurat Polio, Menkes Ingatkan Imunisasi Lengkap di Papua
Vaksin Polio/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -Kemenkes menggencarkan imunisasi lengkap untuk Provinsi Papua menyusul situasi Papua Nugini yang kini darurat Polio.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengingatkan seperti yang diketahui Papua Nugini berbatasan dengan Provinsi Papua yang merupakan bagian dari negara Indonesia.

"Memang betul di Papua Nugini perbatasan dengan kita. Oleh karena itu kita tetap memberikan imunisasi dasar lengkap termasuk polio itu tetap kita berikan. Jadi, kita jaga [agar tidak tertular] dalam hal ini," ungkap Nila di Gedung Adhyatma Lt. 2, Kantor Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (22/10/2018).

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono menjelaskan bahwa sejak bulan Juli 2018, sudah ada 20 kasus polio yang ditemukan di Papua Nugini.

"Kami berhasil dalam tanda kutip memaksakan bahwa pemberian vaksin MR [Vaksin Rubella] di Papua ditambah dengan [pemberian vaksin] P [Polio] sekaligus," tutur Anung saat ditemui di ruangannya.

Dia juga menuturkan di beberapa kabupaten yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini perlu perhatian langsung

Di antaranya Kabupaten Pengunungan Bintang, Kabupaten Marauke dan Kabupaten Jayapura.

Perlunya perhatian langsung dan khusus agar tidak ada virus polio yang dapat tertular pada masyarakat yang hidup di sana.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya