Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom Pasang Fiber Optik di Jayawijaya

PT Telkom memasang jaringan fiber optik (FO) untuk kebutuhan Internet di Pegunungan Jayawijaya, Papua, setelah adanya kesepakatan dengan Pemkab Jayawijaya.
Fiber optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Fiber optik/Reuters-Alessandro Bianchi

Bisnis.com, WAMENA – PT Telkom memasang jaringan fiber optik (FO) untuk kebutuhan Internet di Pegunungan Jayawijaya, Papua, setelah adanya kesepakatan dengan Pemkab Jayawijaya.

General Manager Telkom Papua Lonely Simanjuntak mengatakan pemasangan FO diupayakan rampung dalam sebulan.

Kesepakatan bersama dengan Pemkab Jayawijaya ditandatangani pada Selasa (31/7/2018) dan dalam 2 pekan setelah itu FO mulai dipasang.

Pemasangan FO ini akan lebih difokuskan untuk kebutuhan pelayanan pemerintahan atau di organisasi perangkat daerah (OPD).

"Manfaat projek ini sangat penting, pertama diharapkan seluruh OPD di Jayawijaya terkoneksi dengan jaringan Internet, dengan bandwitch melalui satelit," tutur Simanjuntak.

Konsep smart city dengan bandwitch 1 GB yang akan dipasang itu dipercaya dapat mendukung berbagai program kerja Pemkab.

“FO ini bisa dinikmati masyarakat secara langsung ataupun tidak langsung. Secara tidak langsung, kecepatan layanan kepada masyarakat, dan secara langsung untuk mempermudah kinerja seluruh OPD," ucap Simanjuntak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya Yohanis Walilo mengatakan pemasangan FO akan mendorong pertumbuhan perekonomian. "Jaringan cukup bagus akan berdampak positif kepada semua, bukan terhadap kinerja pemerintah daerah saja."

Sebagai langkah awal, pemasangan FO akan menghubungkan koneksi Internet di 24 OPD di Jayawijaya.

"Ini juga mempermudah pelayanan sebab kita dituntut oleh KPK [Komisi Pemberantasan Korupsi] terkait dengan rencana aksi pemberantasan korupsi berbasis elektronik, sehingga tidak perlu lagi bertumpuk di keuangan atau Bappeda, di mana setiap OPD bisa input langsung," kata Walilo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler