Telkom Pasang Fiber Optik di Jayawijaya

Oleh: Newswire 31 Juli 2018 | 19:49 WIB
Fiber optik/Reuters-Alessandro Bianchi

Bisnis.com, WAMENA – PT Telkom memasang jaringan fiber optik (FO) untuk kebutuhan Internet di Pegunungan Jayawijaya, Papua, setelah adanya kesepakatan dengan Pemkab Jayawijaya.

General Manager Telkom Papua Lonely Simanjuntak mengatakan pemasangan FO diupayakan rampung dalam sebulan.

Kesepakatan bersama dengan Pemkab Jayawijaya ditandatangani pada Selasa (31/7/2018) dan dalam 2 pekan setelah itu FO mulai dipasang.

Pemasangan FO ini akan lebih difokuskan untuk kebutuhan pelayanan pemerintahan atau di organisasi perangkat daerah (OPD).

"Manfaat projek ini sangat penting, pertama diharapkan seluruh OPD di Jayawijaya terkoneksi dengan jaringan Internet, dengan bandwitch melalui satelit," tutur Simanjuntak.

Konsep smart city dengan bandwitch 1 GB yang akan dipasang itu dipercaya dapat mendukung berbagai program kerja Pemkab.

“FO ini bisa dinikmati masyarakat secara langsung ataupun tidak langsung. Secara tidak langsung, kecepatan layanan kepada masyarakat, dan secara langsung untuk mempermudah kinerja seluruh OPD," ucap Simanjuntak.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya Yohanis Walilo mengatakan pemasangan FO akan mendorong pertumbuhan perekonomian. "Jaringan cukup bagus akan berdampak positif kepada semua, bukan terhadap kinerja pemerintah daerah saja."

Sebagai langkah awal, pemasangan FO akan menghubungkan koneksi Internet di 24 OPD di Jayawijaya.

"Ini juga mempermudah pelayanan sebab kita dituntut oleh KPK [Komisi Pemberantasan Korupsi] terkait dengan rencana aksi pemberantasan korupsi berbasis elektronik, sehingga tidak perlu lagi bertumpuk di keuangan atau Bappeda, di mana setiap OPD bisa input langsung," kata Walilo.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya