Rudiantara Minta Lahan untuk BTS di Puncak Jaya

Oleh: Duwi Setiya Ariyanti 18 Juli 2018 | 16:39 WIB
Rudiantara Minta Lahan untuk BTS di Puncak Jaya
Puncak Jaya di Papua/Alfindra Primaldhi, CC BY 2.0

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjanjikan agar desa di Puncak Jaya, Papua bisa teraliri internet pada 2019. 

Dalam keterangan resminya, Rabu (18/7/2018), dia menyebut pihaknya akan menghubungkan daerah-daerah terpencil sesuai dengan rencana prioritas. Menurutnya, 41 kabupaten di Papua akan terhubung dengan jaringan tulang punggung internet dan 31 kabupaten lainnya untuk akses kecepatan internet tinggi. 

Dia juga menjanjikan di Puncak Jaya akan terpasang base transceiver station (BTS) pada 2019. Selain itu, secara bertahap hingga 2020 akan terdapat BTS yang akan memenuhi kebutuhan telekomunikasi termasuk internet. 

"Kami canangkan pada 2020 mudah-mudahan tidak ada desa yang tidak ada BTS. Pada tahun 2019 di Puncak Jaya desa yang belum dipasang, mudah-mudahan bisa dipasang [internet]," ujarnya. 

Oleh karena itu, pihaknya meminta bantuan pemerintah daerah agar mau menyediakan tanah untuk penyediaan infrastruktur telekomunikasi. Menurutnya, penyediaan infrastruktur kerap kali terhambat masalah perizinan dan ketersediaan tanah. 

"Kami mohon bantuan dari Pak Bupati karena masalah di Papua ini soal tanah. Nomor satu soal perizinan, kedua tanah kalau tidak ada tanah pasang antena di mana?" katanya.

Editor: Demis Rizky Gosta

Berita Terkini Lainnya