Biak Numfor Sediakan Perizinan Terpadu lewat Online

Oleh: Newswire 16 April 2018 | 12:45 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, BIAK--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2018 menyediakan layanan pengurusan perizinan terpadu melalui aplikasi "Sicantik Cloud".

Kepala Subdit Aplikasi Layanan Publik Kemkominfo Hafni Septiana Nur Endah di Biak, Senin mengatakan aplikasi "SiCantik Cloud" yang dikembangkan Direktorat e-Government memiliki fitur antara lain mudah dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan jenis perizinan yang diselenggarakan pendaftaran izin secara online.

Ia mengatakan layanan sistem perizinan online yang dikenal dengan nama SiCantik atau Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu untuk Publik sebagai implementasi pelaksanaan Peraturan Presiden No. 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

"Kemudahan perizinan terpadu satu pintu juga merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 138 tahun 2017 tentang penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu Daerah," ungkap Hafni Septiana Nur Endah pada pelatihan aplikasi "Sicantik Cloud".

Hafni mengharapkan melalui pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan pemahaman terkait PTSP elektronik menggunakan SiCantik Cloud. Selanjutnya kita harapkan adanya hubungan harmonis antara pusat dan daerah.

Materi pelatihan layanan Sicantik Cloud antara lain tentang pengenalan fitur-fitur aplikasi, proses bisnis serta simulasi pembuatan perijinan oleh tiap-tiap instansi.

Aplikasi SiCantik Cloud ini, menurut Hafni, merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya dengan keunggulan, antara lain satu sistem dapat digunakan oleh banyak instansi.

"Aplikasi ini juga dapat mengakomodir berbagai jenis perijinan dengan aturan yang berbeda, alur proses yang flexibel dan performa yang tetap terjaga serta dapat berbagi pakai data dengan sistem yang lain penggunaan tandatangan digital," katanya.

Sementara itu, Asisten III Sekda Biak Andreas F Lamecky mengharapkan peserta pelatihan aplikasi layanan perizinan terpadu SICantik Cloud dapat mengikuti materi pelatihan yang akan diberikan narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Manfaatkan ilmu yang diajarkan narasumber pelatihan untuk perbaikan kinerja pelayanan perizinan terpadu di lingkungan Pemkab Biak Numfor," harapnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Biak Pintu Hery Mulyana melaporkan peserta pelatihan aplikasi layanan Sicantik Cloud sebanyak 30 orang perwakilan 18 organisasi satuan perangkat daerah serta pemerintah Kabupaten Supiori.

"Selama tiga hari peserta akan mendapatkan bimbingan pelajaran dari narasumber Kementerian Komunikasi dan Informatika dipimpin Kasubdit Aplikasi Layanan Sicantik Hafni Setyana Nur Endah," katanya.

Pelatihan aplikasi SiCantik Cloud dibuka Asisten III Sekretaris Daerah Andreas F Lamecky bertempat di gedung sasana krida kantor Bupati Biak.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya