Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Papua Barat Jadi Tuan Rumah Konferensi Biodiversity International

Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Mitra Pembangunan di Tanah Papua menggelar Peluncuran Persiapan Pelaksanaan International Conference on Biodiversity, Ecotourism, and Creative Economy (ICBE) di Tanah Papua 2018.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Mitra Pembangunan di Tanah Papua menggelar peluncuran persiapan pelaksanaan International Conference on Biodiversity, Ecotourism, and Creative Economy (ICBE) di Tanah Papua 2018.

Kegiatan ini usaha untuk memberikan peran dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Papua dalam kegiatan pelestarian dan pemanfaatan sumberdaya alam di Tanah Papua. 

Peluncuran Persiapan Pelaksanaan adalah bentuk sosialisasi yang disampaikan oleh Tim Kerja ICBE 2018 dan peluncuran website resmi ICBE 2018  www.papuabarat-ICBE2018.org, serta arahan dari Gubernur Papua Barat.

ICBE 2018 adalah kegiatan terobosan dari pelaksanaan Agenda 2030 Pembangunan Berkelanjutan (Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development) oleh Perserikatan Bangsa-bangsa yang berisi 17 tujuan dan 169 sasaran, di mana keanekargaman hayati mendapat perhatian serius terutama pada tujuan 14 dan 15.

Menurut Ketua Tim Kerja Charlie D. Heatubun, ICBE 2018 memiliki arti strategis tidak hanya bagi Papua Barat, tapi juga Tanah Papua, Indonesia dan dunia. Pasalnya, dengan penyelenggaraan ICBE akan menghasilkan suatu warisan tak ternilai bagi generasi masa depan, di mana alam dan lingkungan akan tetap terjaga sebagaimana kondisinya saat ini.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat  Dominggus Mandacan menyatakan bahwa ICBE 2018 adalah sebuah terobosan yang dapat menghubungkan semua capaian misi pembangunan Provinsi Papua Barat dalam kerangka inisiatif Provinsi Konservasi dalam rangka pembangunan berkelanjutan.

“Suksesnya perhelatan ICBE ini juga menjadi tolak ukur sejauh mana Papua Barat mengikuti perkembangan dan mengalami kemajuan di dalam pembangunan, serta berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan baik di Tanah Papua, Indonesia dan global,” katanya dalam rilis yang Bisnis terima, Rabu (7/3/2018).

Peserta Konferensi Internasional diharapkan berjumlah 750 orang dari Indonesia dan manca negara (Amerika Serikat, Norwegia, Swedia, Inggris, Brazil, Spanyol, Australia, Jepang, China, Korea, dan Papua Nugini).

Pembicara utama (keynote speakers) dan nara sumber berdasarkan dari pejabat pemerintah pusat dan pemerintah daerah, peneliti/ahli dan lembaga penelitian, lembaga swadaya masyarakat, praktisi, serta masyarakat adat dan gereja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper