KANTOR CABANG LUAR NEGERI : BNI Rangkul Diaspora di Korea

Oleh: Abdul Rahman 15 Februari 2018 | 02:00 WIB

JAKARTA—Kantor Cabang PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. di Seoul, Korea Selatan, berupaya memperkuat relasi dengan nasabah korporasi maupun individual untuk meningkatkan kinerja.

General Manager BNI Seoul Wan Andi mengatakan, selama dua tahun beroperasi, BNI Seoul fokus memberikan dukungan terhadap relasi bisnis Indonesia di Korea Selatan baik kepada institusi pemerintah seperti KBRI dan Garuda Indonesia ataupun korporasi Korsel yang memiliki hubungan dagang dengan perusahaan indonesia.

BNI juga merangkul diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Negeri Gingseng seluas 110,21 km persegi tersebut.

Sebagai satu-satunya bank milik Indonesia yang ada di Korsel, BNI Seoul secara rutin menyelenggarakan berbagai program untuk dapat mengedukasi dan memberdayakan diaspora. Salah satunya adalah pelatihan kewirausahaan bagi para diaspora.

Acara ini telah diselenggarakan pada bulan Oktober 2017 dengan tujuan utama untuk mengedukasi dan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada para diaspora sehingga setelah kembali ke Indonesia, mereka dapat memulai bisnis secara mandiri.

“Peluncuran Kartu Pekerja Indonesia (KPI) pada bulan September 2017 yang merupakan kartu anggota sekaligus sebagai data base kependudukan untuk KBRI. KPI tersebut juga berfungsi sebagai ATM,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (14/2).

Secara kontinyu, BNI juga melakukan inklusi perbankan kepada para diaspora untuk mengurangi praktek remitansi ilegal dengan cara pembukaan rekening Taplus Korean Won. Agar inklusi perbankan tersebut dapat menjangkau berbagai wilayah di Korsel, BNI Seoul bekerja sama dengan intern atau mahasiswa Indonesia yang sedang menyelesaikan studinya di Korea, untuk secara rutin melakukan open table di 10 kota kantong diaspora di Korsel.

Sejak diluncurkan, lanjut Wan Andi, jumlah rekening tabungan yang telah dibuka oleh para diaspora di BNI Seoul telah mencapai 3.239 rekening dengan total saldo Rp43,55 miliar per Desember 2017.

Selain fokus terhadap Diaspora, BNI Seoul juga telah melakukan aliansi dengan BUMN yang berada di Korea yaitu dengan peluncuran kartu remittance co-branding antara Garuda Indonesia dan BNI.

Kartu remittance tersebut dapat digunakan sebagai alat pembayaran transportasi umum di Korea sekaligus pemegang kartu bisa mendapatkan benefit extra baggage 10 kilogram ketika berpergian ke Indonesia dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia.

Setelah dua tahun berdiri, BNI Seoul mampu mencatatkan peningkatan aset sebesar 28,9% dan laba sebesar 61,9% per Desember 2017. (Abdul Rahman)

Editor: Farodlilah Muqoddam

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer