Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGEMBANGAN BALI BARU: PII Sasar 10 Destinasi Prioritas

Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Armand Hermawan mengatakan bahwa pihaknya tengah terlibat dalam pembicaraan dengan Kementerian Pariwisata untuk memberikan penjaminan pemerintah untuk 10 destinasi pariwisata prioritas yang telah ditetapkan
Candi Borobudur./.Antara
Candi Borobudur./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Armand Hermawan mengatakan bahwa pihaknya tengah terlibat dalam pembicaraan dengan Kementerian Pariwisata untuk memberikan penjaminan pemerintah untuk 10 destinasi pariwisata prioritas yang telah ditetapkan. 

Adanya penjaminan pemerintah diharapkan dapat meningkatkan minat investor untuk menanamkan modalnya di sektor pariwisata

“Kami sedang cari mana yang private sector bisa masuk melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang eligible untuk dijamin oleh PII,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (12/2/2018).

Pihaknya memerinci, jenis proyek yang dapat diberikan penjaminan pemerintah bersifat pengembangan kawasan, dan mencakup infrastruktur penunjang aksesibilitas kawasan tersebut, seperti jalan, penerangan, dan lainnya.

Dia menambahkan, dalam penentuan jenis proyek, pihaknya menunggu arahan dari Kementerian Pariwisata mengenai destinasi wisata yang akan menjadi proyek percontohan. Dia pun optimistis pemberian jaminan di sektor pariwisata dapat dilakukan pada tahun ini bila ditunjang dengan kesiapan dokumen dan perencanaan proyek yang matang. 

Adapun untuk pengembangan 10 destinasi pariwisata prioritas, pemerintah membutuhkan dana senilai total US$20 miliar dalam 10 tahun, yang terdiri dari US$ 10 miliar untuk pembangunan infrastruktur, dan sisanya untuk pengembangan wilayah.  Dari jumlah tersebut, APBN diperkirakan hanya mampu menanggung 20%, sedangkan 80% di antaranya berasal investor baik dalam maupun luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper