PLN Bantu 600 Lampu Hemat Energi kepada Masyarakat Asmat

Oleh: Denis Riantiza Meilanova 08 Februari 2018 | 00:28 WIB
PLN Bantu 600 Lampu Hemat Energi kepada Masyarakat Asmat
Presiden Joko Widodo (kanan) melakukan pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe (kedua kanan), Bupati Asmat Elisa Kambu (kedua kiri) dan Bupati Nduga Yairus Gwijangge (kiri) di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/1)./Antara-Setpres

Bisnis.com, JAKARTA -- PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) memberikan bantuan sebanyak 600 Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada masyarakat di Kabupaten Asmat.

Bantuan tersebut bernilai kurang lebih Rp780 juta.  Selain itu, PLN juga memberikan bantuan berupa bahan pokok senilai Rp50 juta.

Sebelumnya, pada 22 Januari 2018, PLN juga memberikan bantuan berupa bahan pokok senilai Rp 25 juta kepada masyarakat Asmat. “Kami baru saja memasang secara langsung Lampu tenaga surya hemat energi atau sehen di salah satu rumah warga tidak mampu yang masih belum terjangkau jaringan listrik," ujarnya.

"Ini salah satu bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat di Asmat dalam hal penerangan, namun kami juga akan terus berupaya melistriki masyarakat Asmat sepenuhnya”, ujar General Manager PLN WP2B Yohanes Sukrislismono usai memberikan bantuan ke masyarakat kampung Mbait, Distrik Agats, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (7/2/2018).

Dengan bantuan lampu sehen tersebut, masyarakat Asmat memiliki 3 titik penerangan bertenaga matahari, sehingga tidak perlu lagi menggunakan pelita sebagai penerangan di rumah.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat dan PLN yang telah memberikan penerangan kepada masyarakat di Asmat. Selama ini kami hanya menggunakan pelita, itu pun kalau ada bensin. Kalau tidak ada, kami menggunakan lilin”, kata Ketua RT Kampung Mbait, Meki Mbait.

Wakil Bupati Asmat Thomas E. Safanpo juga mengapresiasi kepedulian PLN kepada masyarakat setempat. “Bantuan penerangan ini sangat membantu masyarakat, terima kasih PLN,” ungkap Thomas.

Untuk sementara, kelistrikan di Distrik Agats masih dikelola pemerintah setempat. Namun pengoperasiannya akan dialihkan kepada PLN dalam waktu dekat. PLN pun terus berusaha agar seluruh masyarakat Asmat dapat menikmati listrik seutuhnya.

Editor: Martin Sihombing

Berita Terkini Lainnya