Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dari 4 BUMN Pelabuhan, Pelindo III Raup Laba Terbesar

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) diperkirakan mencetak perolehan laba bersih sebesar Rp2,13 triliun pada 2017, yang terbesar dibandingkan BUMN kepelabuhan lainnya.
Terminal Peti Kemas Semarang/Pelindo III
Terminal Peti Kemas Semarang/Pelindo III

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) diperkirakan mencetak perolehan laba bersih sebesar Rp2,13 triliun pada 2017, yang terbesar dibandingkan BUMN kepelabuhan lainnya.

Direktur Utama Pelindo III IGN Askhara Danadiputra mengatakan perolehan laba sepanjang pada 2017 melampaui target sebesar Rp1,65 triliun. Raihan laba pada 2017 juga tercatat tumbuh 41% dibandingkan dengan perolehan laba bersih pada 2016, yang sebesar Rp1,51 triliun.

"Laba Pelindo III tumbuh karena kami melakukan banyak efisiensi," ujarnya kepada Bisnis.com selepas rapat dengar pendapat dengan Komisi VI, Senin (22/1/2018) malam.

Sebelumnya, Askhara Danadiputra atau akrab disapa Ari Askhara menuturkan, Pelindo III telah mencetak efisiensi di 38 pos pengeluaran non operasional. Jumlah efisiensi yang dihasilkan hingga Oktober 2017 mencapai Rp324 miliar.

Dalam catatan Bisnis.com, laba Pelindo III melampaui perolehan laba PT Pelindo II (Persero) yang pada 2017 meraup laba Rp1,7 triliun. Sebagaimana diketahui, Pelindo II merupakan BUMN kepelabuhan dengan aset dan pendapatan terbesar.

Pada 2017, prognosa aset Pelindo II mencapai Rp45 triliun dengan pendapatan Rp10,2 triliun. Sementara itu, dalam paparan di Komisi VI DPR RI, laba bersih Pelindo I diproyeksi mencapai Rp721 miliar.

Secara keseluruhan, total laba bersih BUMN kepelabuhan ditaksir mencapai Rp4,83 triliun di 2017 atau meningkat 33%. Pertumbuhan tersebut menandai pemulihan kinerja karena dalam kurun waktu 2013-2015, laba gabungan empat BUMN mencatat tren penurunan secara berturut-turut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper