DESTINASI WISATA : Bertualang Saat Libur Natal

Oleh: Wike Dita Herlinda 23 Desember 2017 | 02:00 WIB

Pengujung tahun semakin mendekat. Bagi banyak orang, itu menandakan saat liburan panjang telah tiba. Berbagai persiapan liburan pun telah dilakukan jauh-jauh hari, kendati banyak juga yang masih bingung hendak bepergian ke mana saat musim rehat akhir tahun. nn

“Banyak orang yang ingin menghabiskan libur Natal yang berkesan, tetapi liburannya tidak banyak berubah dari tahun ke tahun. Padahal, ada banyak pilihan destinasi untuk mencoba hal baru, menelusuri tempat baru, dan membuat kenangan baru,” kata Andre Jonathan, konsultan Airbnb.

Menurutnya, libur akhir tahun adalah momentum yang tepat untuk merencanakan experience tourism (wisata pengalaman), karena pengujung tahun identik dengan peluang dan pengalaman yang baru.

Bagi Anda yang masih bingung merencanakan liburan yang berkesan untuk mengisi akhir tahun, Airbnb mengajukan beberapa rekomendasi dan tip perjalanan untuk wisatawan yang hendak mencari kedamaian menenangkan, petualangan mendebarkan, atau pemandangan menakjubkan di Asia Pasifik.

“Kami menjamin [rekomendasi] ini akan memberikan akses otentik ke penduduk lokal, tempat, dan budaya yang benar-benar unik sehingga Anda siap memulai 2018 dengan bekal pengalaman dan kenangan manis yang tidak akan terlupakan seumur hidup,” klaim Andre.

DAFTAR REKOMENDASI

Rekomendasi pertama adalah menikmati rumah truk di Golden Bay, Selandia Baru. Rumah truk unik tersebut diparkir di ujung South Island dan menawarkan panorama samudra serta pegunungan yang fantastasi di lokasi privat.

Rumah truk ini dilengkapi dengan interior yang terbuat dari kayu kauri dan ek, yang mampu menghangatkan di tengah perapian di musim dingin. “Ini adalah tempat yang cocok untuk menjauh dari kesibukan ahrian dan menikmati dunia luar. Anda bisa melihat sunset sembari berenam di bak mandi luar ruangan,” kata Andre.

Kedua, rumah toko kolonial di pusat kota Ho Chi Minh City, Vietnam. Menurut Andre, Ho Chi Minh City adalah satu-satunya Airbnb yang terdaftar di International Luxe City Guides. Oleh karena itu, destinasi tersebut digaransi tidak akan mengecewakan wisatawan.

Rumah toko kolonial yang dimaksud dibangun pada 1920 dan baru direnovasi tahun ini. Rumah bergaya kolonial Prancis tersebut digadang-gadang sebagai perwujudan nyata dari mimpi para desainer dan arsitek.

Terdiri atas dua tingkat, rumah cagar budaya tersebut memiliki taman di lantai atas, kamar tidur yang luas, kamar mandi modern dan cantik, sehingga pengunjung akan dibuat lupa sedang berada di jantung salah satu kota tersibuk di Asia Tenggara.

Ketiga, liburan tropis di Guava House, Hemmathagama, Sabaragamuwa, Sri Lanka. Di rumah yang tersebunyi di tengah-tengah rimba perkebunan karet ini, pengunjung dapat merasakan pengalaman Natal yang paling damai.

Pasalnya, rumah ini diitari oleh pemandangan pegunungan, persawahan, dan suasana pedesaan yang damai. Tidak hanya itu, lokasinya berada jauh dari destinasi pariwisata mainstream di Sri Lanka.

Rumah yang mampu menampung sembilan orang ini memiliki empat kamar tidur yang luas, kolam renang infinity, dan areal terbuka untuk berlatih yoga. Bagi yang berjiwa petualang, tempat ini menyediakan sepeda gunung untuk menjelajah desa, sawah, dan tepi sungai setempat.

Tidak jauh dari Guava House, terdapat Bible Rock yang berjarak sekitar lima kilometer. Destinasi ini kerap dijadikan wahana uji adrenalin bagi pecinta panjat tebing yang ingin menikmati pemandangan alam yang lebih memukau.

Keempat, Hermintage House Wu Wei Wisdom Sanctuary di Bali. Ini adalah Wisdom Sanctuary pertama di dunia, yang sebenarnya merupakan rumah pribadi sangat mewah dan dilengkapi dengan taman indah serta kolam renang infinity air laut.

“Tempat ini mengedepankan konsep menyatu dengan alam dan terhubung kembali dengan kebijaksanaan di dalam diri setiap jiwa. Tidak ada tempat yang lebih indah untuk itu selain di bak mandi bertabur kelopak mawar di taman rahasia di bawah hamparan bintang,” jelas Andre.

Kelima, tinggal di dalam gua mempesona di Blue Mountains, Australia. Andre menyarankan destinasi ini bagi Anda yang memburu pengalaman berkesan sekali seumur hidup. Tempat ini dibangun di dalam bebatuan alami Blu Mountains yang terkenal.

Lokasinya menyatu dengan gua alami nan mempesona. Uniknya, tempat ini didesain lengkap dengan pintu bundar ala rumah Hobbit di dongeng The Lord of the Rings. Pengunjung akan dibuat merasa masuk ke dunia antah berantah.

“Tempat ini pasti tidak akan Anda lupakan pada 2018 dan seterusnya. Apalagi, di dalamnya ada perapian yang nyaman, pancuran di bagian luar, serta pemandangan alam yang sangat menakjubkan.”

Keenam, Tamarind Cottage Treehouse di Chiang Mai, Thailand. Rumah pohon unik ini dimiliki oleh sebuah keluarga di desa terpencil yang dikelilingi hutan. Pemiliknya adalah seorang arsitek yang sudah pensiun.

Dia sengaja membangun rumah pohon tersebut sebagai tempat liburan keluarga. Saat ini, rumah unik tersebut terbuka bagi tamu di seluruh dunia yang ingin merasakan tinggal di tengah hutan di sebuah rumah kayu bergaya klasik tetapi nyaman karena dirancang dengan sepenuh hati.

Ketujuh, memintal pita kaset menjadi baju di Ready, Cassette, Go! Singapura. Ini adalah cara unik untuk melihat sisi lain dari Negeri Singa yang belum pernah Anda jelajahi sebelumnya. Tempat ini menawarkan pengalaman unik yang tidak ada di tempat lain.

“Di tempat ini Anda akan bertemu host yang bernama JJ dan ibunya untuk menghabiskan sore dengan kegiatan kreatif dan ramah lingkungan. Mereka akan mengajarkan Anda mendaur ulang kaset dan video lama, menganyamnya di MusicCloth, dan membuat poster peta Singapura yang bisa dibawa pulang,” papar Andre.

Dari sana, Anda dapat juga menikmati pemandangan indah dari Rehyphen Home Studio JJ di Bukit Panjang. Di situ, Anda akan disuguhi dengan teh nikmat yang bisa dikudap setelah merajut pita kaset sepanjang sore.

“Saya mendirikan Rehyphen Studio dengan tujuan mendorong dan menginspirasi cara yang lestari untuk bergaya. Lebih dari 4,6 juta ton sampah elektronik membanjiri tempat pembungan sampah di Asia. Jadi kami memulai inisiatif daur ulang ini dengan mengumpulkan dan mengayam sampah pita audio dan video untuk mengurangi limbah elektronik dan menciptakan produk baru,” tegas JJ.

Kedelapan, memasuki kancah musik Bangkok bersama Tossawat, DJ profesional, produser musik, dan pendiri Bangkok Electronic Music School InEarBeat. Di tempat ini, Tossawat akan berbagi pengalaman di dunia DJ dan mengajarkan mixing, tune spinning, dan beat matching.

Di akhir sesi, tamu akan memamerkan kerterampilan yang baru dipelajarinya dan membawa pulang rekamannya sendiri, serta musik lainnya. Setalah itu, Tossawat akan menutup hari dengan mengajak tamu menikmati makan malam lezat di jalanan lokal terbaik Bangkok.

Kesembilan, jalan-jalan di Cho Cu, Vietnam. Salah satu restoran paling terkemuka di Ho Chi Minh City adalah ANAN Saigon yang berlokasi di pusat District 1. Pemiliknya, Hao, juga pendiri Vietcetera, majalah kuliner dan budaya di Vietnam.

Jadi, jika Anda ingin tahun segala tempat terkeren untuk berwisata kuliner dan bersantai di Ho Chi Minh City pada libur Natal kali ini, Hao pasti bisa membantu Anda. Dia akan mengajak tamu ke Cho Cu, salah satu pasar tertua di Ho Chi Minh dan berkenalan dengan chef eksekutif ANAN.

Anda akan diajak berkeliling pasar, mencari produk lokal di pasar lokal, dan mengenal sejarah pasar tersebut. Setelah itu, Hao akan mengajak tamu kembali ke dapur dan belajar memasak berbagai resep Vietnam mudah.

“Pengalaman ini ditutup dengan makan dan minum gaya al fresco di bar atap ANAN Saigon sembari menikmati panorama Ho Chi Minh City,” kata Hao.

Editor: Diena Lestari

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer