Gubernur Papua Titahkan Sidang APBD Segera Digelar

Oleh: Newswire 13 Desember 2017 | 22:13 WIB
Gubernur Papua Titahkan Sidang APBD Segera Digelar
Gubernur Papua Lukas Enembe/Antara-Reno Esnir

Bisnis.com, JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta pemerintah dan DPRD kabupaten/kota di provinsi tersebut untuk segera menggelar sidang APBD Tahun Anggaran 2018.

"Pelaksanaan berbagai kegiatan yang direncanakan untuk 2018 agar segera dimulai dan dikoordinasikan sehingga tidak tumpang tindih dan tidak menumpuk di akhir tahun anggaran," ujarnya di Jayapura pada Rabu (13/12/2017).

Menurut Enembe, perlu disiapkan langkah-langkah nyata agar anggaran dan kegiatan dapat dilaksanakan sejak awal tahun.

"Kementerian negara atau lembaga dapat memulai proses lelang proyek-proyek dan kegiatan tahun anggaran 2018 segera setelah menerima DIPA [Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran], selanjutnya penandatanganan kontrak atau perjanjian kerja dilakukan pada awal tahun," ujarnya.

Dia menuturkan jika pada awal 2018 sudah memulai kegiatan, maka pada akhir tahun target serapan anggaran dapat tercapai.

"Sesuai dengan laporan dari Sekretaris Daerah Provinsi Papua, enam kabupaten belum menggelar sidang APBD TA 2018. Segera laksanakan dan jangan terlambat," kata Gubernur.

Enembe menambahkan Provinsi Papua sudah menerapkan e-Government, sehingga jika dilaksanakan secara maksimal, akan mempercepat penyerapan anggaran.

"Namun, jika tidak segera melaksanakan sidang anggaran dan menetapkan APBD TA 2018, pelaksanaan kegiatan di tahun tersebut akan terhambat serta berujung pada penyerapan anggaran yang tidak maksimal," lanjut Gubernur.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya