Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebutuhan Gudang Logistik Diestimasi Melonjak 2 Kali Lipat

Perusahaan riset dan konsultan properti Savills Plc mengestimasi kebutuhan ruang gudang logistik bakal bertambah sekitar 240.000 m2 pada 2021.
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Jason Lee
Ilustrasi kegiatan logistik/Reuters-Jason Lee

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan riset dan konsultan properti Savills Plc mengestimasi kebutuhan ruang gudang logistik bakal bertambah sekitar 240.000 m2 pada 2021. Kebutuhan meningkat sejalan dengan ekspansi perusahaan dagang elektronik (e-commerce).

Berdasarkan laporan Savills edisi Desember 2017, ekspansi e-commerce bakal menjadi penopang baru sektor logistik dan memberi warna baru karena sebelumnya logistik hanya melayani perusahaan manufaktur.

Saat ini, perusahaan e-commerce baru memberikan kontribusi 3% terhadap total pasokan gudang logistik seluas 8,1 juta m2.

Saat ini, sumbangsih nilai penjualan e-commerce terhadap total penjualan ritel baru mencapai 1%. Namun, dengan pertumbuhan 20% per tahun, kontribusi e-commerce diperkirakan bakal menjadi 7%-8% atau senilai US$14,47 miliar pada 2021 mendatang atau meningkat 2,08 kali lipat.

"Kami memperkirakan volume penjualan yang naik dua kali lipat juga berarti peningkatan dua kali lipat pada kebutuhan ruang logistik," tulis Savills dalam laporan yang dikutip Bisnis.com pada Minggu (3/12/2017).

Secara umum, Savills menilai industri logistik bakal tumbuh berkat kinerja sektor konsumsi, sejalan dengan pertumbuhan populasi yang pada 2020 diperkirakan bakal mencapai 270 juta. Dibandingkan dengan 2010, tingkat pengeluaran untuk konsumsi naik 1,42 kali lipat menjadi Rp1,309 triliun.

Kinerja e-commerce juga dinilai bakal semakin pesat karena industri ini mulai mengakar ke seluruh segmen, tidak sebatas didominasi perusahaan besar.

Savills menyebutkan kehadiran perusahaan logistik enabler turut memacu e-commerce karena mereka menyasar perusahaan e-commerce dengan skala yang lebih kecil.

Pada umumnya, perusahaan logistik enabler menyediakan jasa penanganan logistik bagi e-commerce, mulai dari pergudangan, distribusi, hingga foto produk. Oleh sebab itu, perusahaan e-commerce bisa fokus mengurus penjualan tanpa perlu repot menangani pengiriman barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper