DESTINASI FAVORIT AKHIR TAHUN, Singapura atau Jakarta?

Oleh: Amanda Kusumawardhani 29 November 2017 | 14:17 WIB
Berwisata di Monas, Jakarta./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA-- Sudahkah traveller merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru? 

Libur akhir tahun menjadi momen yang sangat spesial dan ditunggu- tunggu semua orang, khususnya para wisatawan di seluruh dunia. 

Setelah melewati kepenatan dan rutinitas sepanjang tahun, libur akhir tahun tentunya menjadi momen khusus untuk merayakan kegembiraan menyambut tahun yang baru. 

Seperti ditulis dalam keterangan resminya, Rabu (29/11/2017), Booking.com sebagai salah satu portal global yang menghubungkan para wisatawan dengan berbagai tempat penginapan luar biasa di seluruh dunia merilis daftar destinasi internasional maupun domestik yang paling diminati oleh wisatawan Indonesia selama libur Natal dan Tahun Baru, 21 Desember 2016 – 2 Januari 2017. 

Meskipun telah jamak dikunjungi, negeri singa, Singapura menjadi destinasi internasional yang paling diminati oleh wisatawan Indonesia pada akhir tahun.

Hal ini diperkirakan karena jaraknya yang sangat dekat dengan Indonesia, mudah akses dan tanpa visa. Singapura juga menjadi pilihan cerdas bagi wisatawan Indonesia yang ingin melakukan perjalanan singkat untuk mendapatkan suasana yang berbeda. 

Selain negeri singa tersebut, Kuala Lumpur dan Bangkok menempati peringkat dua dan tiga dalam daftar. Dan nampaknya belanja memang masih menjadi atraksi utama bagi masyarkat Indonesia. 

Berikut merupakan 10 destinasi internasional favorit yang dikunjungi wisatawan Indonesia untuk liburan akhir tahun: 

DESTINASI LUAR NEGERI

1) Singapura 
2) Kuala Lumpur 
3) Bangkok 
4) Tokyo 
5) Hong Kong 
6) Osaka 
7) Paris 
8) Georgetown 
9) Seoul 
10) London 

DESTINASI DOMESTIK

Ternyata tidak semua wisatawan Indonesia memilih liburan ke luar negeri. Jakarta ternyata masih menjadi destinasi domestik yang paling banyak dipesan melalui Booking.com oleh wisatawan Indonesia untuk liburan akhir tahun. 

Kota kedua yang diminati adalah Bandung dan diikuti oleh Yogyakarta yang menempati posisi ketiga dalam daftar. Bandung yang juga merupakan ibu kota Jawa Barat terkenal dengan makanan dan belanjanya. 

Selain itu, kota di dataran tinggi Bandung terkenal akan udaranya yang sejuk, kafe unik, dan hotel dengan pemandangan alam yang menakjubkan. 

Sebaliknya, Yogayakarta terkenal akan wisata budaya dan seni, salah satunya adalah Candi Borobudur, makanan tradisional, dan batik. 

Berikut merupakan daftar destinasi domestik yang paling diminati oleh wisatawan Indonesia untuk liburan akhir tahun: 

1) Jakarta 
2) Bandung 
3) Yogyakarta 
4) Kuta 
5) Surabaya 
6) Semarang 
7) Bogor 
8) Solo 
9) Ubud 
10) Malang 

“Kami memiliki lebih dari 109 juta ulasan terbaru dan destinasi pilihan yang diperoleh melalui tamu penginapan yang melakukan pemesanan melalui Booking.com," kata Sara Elzora, perwakilan Booking.com di Indonesia, Rabu (29/11/2017).

Dengan data pengguna inilah, Booking.com berkomitmen bukan hanya untuk memahami gaya terkini berwisata, melainkan juga membimbing wisatawan dalam menentukan pilihan destinasi yang tepat untuk berlibur- dalam hal ini.

Lebih lanjut, data untuk daftar destinasi paling diminati wisatawan Indonesia pada akhir tahun diambil melalui data pengguna yang melakukan pemesanan akomodasi melalui Booking.com pada periode 21 Desember 2016 – 2 Januari 2017.

Editor: Linda Teti Silitonga

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer