Biak Terapkan Layanan Perikanan Berbasis e-KTP

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, melalui Dinas Perikanan setempat menerapkan pelayanan bidang perikanan berbasis data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).
Ilustrasi pekerja menurunkan es balok untuk mengawetkan ikan./Antara-Dedhez Anggara
Ilustrasi pekerja menurunkan es balok untuk mengawetkan ikan./Antara-Dedhez Anggara

Bisnis.com, BIAK - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, melalui Dinas Perikanan setempat menerapkan pelayanan bidang perikanan berbasis data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang mencantumkan kolom pekerjaan nelayan pada kartu keluarga.

"Tahun 2018 program layanan bidang perikanan terintegrasi dengan program e-KTP, ya kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil," kata Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirisa ketika dihubungi di Biak, Selasa (14/11/2017).

Dia mengatakan dengan dicantumkannya pekerjaan nelayan pada kartu keluarga akan mempermudah pendataan keluarga nelayan di Kabupaten Biak Numfor karena dapat langsung diketahui jumahnya secara pasti.

Pencantuman pekerjaan nelayan di kartu keluarga juga akan mempermudah pengawasan dan penyaluran bantuan perikanan kepada nelayan.

"Jumlah keluarga nelayan di Kabupaten Biak Numfor mencapai 5.000-an keluarga yang tersebar di belasan distrik dan seratusan kampung," kata Effendi.

Dengan layanan berbasis e-KTP,  lanjut Effendi, Dinas Perikanan juga akan mendapatkan data konkret untuk program asuransi nelayan pada 2018.

Effendi berharap hasil koordinasi Dinas Perikanan dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dapat direaliasikan pada tahun anggaran 2018 sehingga semua data nelayan Biak terkoneksi dalam data KTP-e.

Berdasarkan data hingga 2017 program layanan bantuan prasarana perikanan masih berlangsung untuk kegiatan pembagian cool box, freezer, motor laut, dan sarana tangkap lainnya untuk menunjang program sentra perikanan terpadu di wilayah timur Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler