Netizen & Selebritas Galang Dana Bantu Warga Korowai

Oleh: Ramdha Mawaddha 02 November 2017 | 21:41 WIB
Ilustrasi: Warga membawa jerigen berisi BBM dengan motor melintasi jalan berlumpur di Keerom, Papua./Antara-Indrayadi TH

Bisnis.com, JAKARTA - Pekan lalu beredar kabar melalui media sosial tentang para perempuan dan anak di Korowai, Papua, yang mengalami masalah kesehatan dan tidak tertangani dengan baik.

Sulitnya akses untuk penyaluran bantuan merupakan salah satu penyebabnya, banyak daerah yang hanya bisa diakses dengan transportasi udara.

Situasi tersebut bahkan mendorong misionaris yang bertugas di Korowai, Trevor dan istrinya Teresa, sampai harus merangkap jadi tenaga kesehatan di sana.

Cerita tentang saudara kita di Korowai mendorong Lisa Duwiry untuk melakukan penggalangan dana untuk mereka melalui laman Kitabisa.com.

Awalnya kampanye #UntukKorowai ini hanya terpikir untuk membantu pengadaan barang yang dibutuhkan. Namun ternyata, juga memerlukan biaya angkut untuk dapat mengantar barang hingga ke lokasi.

Melalui laman Kitabisa.com/untukkorowai, Lisa mengajak masyarakat untuk membantu pendanaan yang kemudian akan dibelikan pangan untuk perbaikan gizi dan vitamin, pakaian anak & dewasa, selimut, handuk, sabun.

Selain Lisa, komedian Arie Kriting, juga terpanggil dan menjadi salah satu influencer yang mendukung kampanye ini. Melalui caption di akun jejaring sosial instagram pribadinya, Arie mengajak netizen untuk turut ambil bagian dalam kampanye ini.

“Ingat kasus kematian 54 balita hanya dalam 2 pekan karena masalah kesehatan yang terjadi di Kabupaten Nduga akhir tahun lalu? Jangan biarkan terulang di Korowai. Mari salurkan bantuan bagi saudara-saudara kita di Korowai Papua yang sedang menghadapi permasalahan kesehatan," tulis Arie.

Tak hanya Arie, kampanye ini juga didukung beberapa artis seperti Once melalui sosial media. Kampanye ini menarik perhatian banyak orang, sejak penggalangan dana dimulai pada Jumat (27/10) hingga kini telah terkumpul dana Rp 111.806.126 dari 329 orang donatur.

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya