Polres Biak Numfor Tingkatkan Pengawasan Medsos

Polres Biak Numfor, Papua, membentuk Unit Cyber Troops atau pasukan dunia maya untuk mengawasi penggunaan media sosial (medsos), terkait dengan informasi ujaran kebencian.
Ilustrasi Twitter./Bloomberg-Chris Ratcliffe
Ilustrasi Twitter./Bloomberg-Chris Ratcliffe

Bisnis.com, BIAK - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, Papua, membentuk Unit Cyber Troops atau pasukan dunia maya untuk mengawasi penggunaan media sosial (medsos), terkait dengan informasi ujaran kebencian.

"Unit cyber troops Polres Biak Numfor beranggotakan lima personil yang sudah dilatih mengawasi informasi di media sosial," kata Kapolres Biak Numfor AKBP Rahmad Amsori Sik, di Biak, pada Senin (30/10/2017).

Penyebaran informasi ujaran kebencian dan berita hoaks di media sosial, menurut Rahmad, sudah sangat meresahkan karena kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Selain berita hoaks, Unit Cyber Troops juga memantau informasi ujaran-ujaran kebencian beredar di media sosial yang dapat berimbas pada permusuhan antarras dan golongan.

"Untuk memperlancar pengawasan informasi di media sosial, unit cyber troops Polres Biak sedang mengembangkan aplikasi khusus untuk melakukan patroli cyber di wilayah hukum Polres Biak," katanya.

AKBP Rahmad mengimbau warga Biak Numfor lebih arif menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, WA, instagram, line dan jenis lainnya dengan tidak menampilkan informasi ujaran kebencian dan hoax karena dapat memicu tindak pidana elektronik.

Penyebaran informasi hoax dan ujaran kebencian menjelang pilkada serentak 2018, menurut Kapolres Rahmad, disinyalir akan meningkat karena dapat menjadi sarana komunikasi antar warga.

Berdasarkan data beragam informasi di media sosial seperti facebook, WA, Twitter, dan Instagram menjadi sarana paling banyak menampilkan ujaran kebencian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler