Gubernur Papua Minta Pemkab Selesaikan Masalah Batas Wilayah

Oleh: Newswire 17 Oktober 2017 | 14:13 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe/Antara-Reno Esnir

Bisnis.com, JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe meminta pemerintah kabupaten/kota untuk menyelesaikan permasalahan atau sengketa tapal batas yang ada di wilayahnya masing-masing dan serius dalam penanganannya.

"Khususnya kepada bupati dan wakil bupati yang baru saja dilantik untuk dapat melakukan komunikasi yang baik, dengan kabupaten sekitar dan juga bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua," kata Lukas di Jayapura, Papua, Selasa (17/10/2017).

Menurut Lukas, pemerintah provinsi siap memfasilitasi setiap sengketa tapal batas wilayah, pasalnya hal tersebut kini merupakan masalah yang besar.

"Oleh karena itu harus ada penyelesaian antara kabupaten dengan kabupaten, tentunya berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, pasalnya hal ini penting untuk dilakukan," ujarnya.

Dia menjelaskan khususnya untuk Kabupaten Tolikara dan Kepulauan Yapen, di mana bupati dan wakil bupatinya baru dilantik, diharapkan segera menyelesaikan permasalahan tapal batas yang ada di wilayahnya.

Sekadar diketahui, Kabupaten Tolikara mempunyai persoalan sengketa wilayah dengan beberapa kabupaten di sekelilingnya, seperti dengan Kabupaten Mamberamo Tengah dan Kabupaten Yahukimo. Sementara Kabupaten Kepulauan Yapen mempunyai sengketa wilayah dengan Kabupaten Nabire.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe baru saja melantik Bupati dan Wakil Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo-Dinus Wanimbo serta Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar-Frans Sanadi.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer