Pilkada 2018, Ini 3 Kabupaten Rawan Konflik di Papua

Oleh: Newswire 16 Oktober 2017 | 17:54 WIB
Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar/Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar memperkirakan tiga dari tujuh tujuh kabupaten yang akan menggelar Pilkada 2018 rawan konflik.

"Ketiga kabupaten yang rawan konflik pilkada 2018 yaitu Kabupaten Mimika, Jayawijaya, dan Kabupaten Paniai," ujarnya di Jayapura, Papua, pada Senin (16/10/2017) seusai memimpin apel dan penyerahan penghargaan kepada anggota Polri yang berprestasi.

Tujuh kabupaten yang akan melaksanakan pilkada 2018 yaitu Kabupaten Jayawijaya, Mimika, Paniai, Mamberamo Tengah, Puncak, Biak Numfor, Kabupaten Deiyai, dan Provinsi Papua

Irjen Pol Boy Rafli mengatakan rawannya ketiga daerah itu akibat akan adanya gesekan antarpendukung yang diawali pengelompokan masyarakat.

Karena itu, pihaknya akan berupaya agar tidak terjadi bentrokan antarmassa pendukung dalam pilkada serentak 2018 di Papua dan berharap para pasangan calon kepala daerah turut serta memberi penyadaran hingga pendukungnya tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum serta menganggu ketertiban umum.

"Tokoh masyarakat, tokoh agama dan semua lapisan masyarakat harus berperan aktif guna memberikan pemahaman kepada masyarakat agar pilkada berlangsung aman tanpa gesekan," harap Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli.

Ketika ditanya apakah gangguan dari kelompok bersenjata terus mengganggu pilkada di Papua, Kapolda Irjen Boy mengatakan kemungkinan itu bisa saja namun pihaknya akan berupaya agar pilkada 2018 berlangsung aman.

"Polisi akan merangkul seluruh elemen masyarakat agar gesekan antar para pendukung tidak terjadi," harap Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer