Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpinan Komisi DPR Dirotasi, Siapa Saja yang Kena?

DPR melakukan perombakan pimpinan komisi setelah sejumlah nama diusulkan oleh fraksi-fraki partai politik yang ada di lembaga perwakilan rakyat tersebut.
Gedung DPR di Senayan, Jakarta/Antara
Gedung DPR di Senayan, Jakarta/Antara

Kabar24.com, JAKARTA — DPR melakukan perombakan pimpinan komisi setelah sejumlah nama diusulkan oleh fraksi-fraki partai politik yang ada di lembaga perwakilan rakyat tersebut.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan pelantikan pimpinan komisi dilakukan setelah rapat singkat dan diterimanya surat resmi dari fraksi yang berkepentingan. Dalam rapat singkat yang dipimpin Agus itu turut  hadir Ketua Komisi IV Edhy Prabowo, Wakil Ketua Komisi IV Roem Kono dan beberapa anggota Komisi IV lainnya.

Politisi Partai Demokrat, Herman Khaeron yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua Komisi IV dirotasi menjadi Wakil Ketua Komisi VII DPR menggantikan Mulyadi.

Pengganti Herman sebagai pimpinan Komisi IV adalah Michael Wattimena dari fraksi yang sama. Sebelumnya Michael adalah Wakil Ketua Komisi V. Sementara itu, jabatan Michael diisi oleh Anton Suratto.

Dalam sambutan singkatnya sebelum meninggalkan Komisi IV, Herman mengatakan bahwa ada ikatan batin yang begitu kuat dengan komisi yang membidangi pertanian, perternakan perikanan dan kehutanan itu.

"Rasanya ada ikatan yang begitu kuat bagi saya di Komisi IV. Selama ini kami diikat oleh kepentingan rakyat, supaya petani sejahtera, nelayan sejahtera, petambak ikan sejahtera, petani garam sejahtera, dan masyarakat desa hutan sejahtera," kata Herman.

Sementara itu, Michael dalam sambutan perdananya di Komisi IV mengatakan, pengalaman Herman Khaeron sangat mirip dengan yang dialaminya. Ia juga sudah begitu lama berada di Komisi V sejak menjadi anggota DPR tahun 2009.

Palu pimpinan pun secara simbolis diserahkan Agus kepada Michael dengan disaksikan pimpinan dan anggota Komisi IV. Ini adalah perpindahan pertama baik bagi Herman maupun Michael yang selama dua periode berada di komisinya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper