BI Papua Dorong Peningkatan Produksi Cabai di Keerom

Oleh: Newswire 27 September 2017 | 21:19 WIB
BI Papua Dorong Peningkatan Produksi Cabai di Keerom
Ilustrasi: Pedagang cabai di pasar tradisional/Bloomberg-Dimas Ardian

Bisnis.com, JAYAPURA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua sedang berusaha mendorong peningkatan produksi cabai lokal dengan membentuk klaster cabai yang melibatkan kelompok Tani Makmur di Arso IV, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom.

"Cabai ini salah satu penyumbang inflasi di Papua, makanya perlu dibentuk klaster cabai agar dapat memenuhi permintaan pasar," ujar Kepala kantor Perwakilan BI Papua, Joko Supratikto, di Jayapura, pada Rabu (27/9/2017).

Dia menekankan Bank Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Keerom memiliki komitmen yang sama untuk pengembangan ekonomi kerakyatan antara lain melalui pertanian.

Cabai dinilai sebagai sebuah komoditas yang memiki nilai ekonomi tinggi, namun selama ini belum digarap secara serius oleh petani.

"Potensi pasar seperti cabai masih sangat tinggi dan itu tidak didukung dengan ketersediaan komoditi ini yang membuat kita mendatangkan dari luar Papua," kata Joko.

BI juga memberikan bantuan berupa alat-alat pertanian kepada Kelompok Tani Makmur dengan harapan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Joko pun memastikan bantuan tersebut tidak hanya sebatas alat pertanian, tetapi juga bantuan tehnis lainnya akan diberikan seperti cara menanam cabai untuk hasil yang lebih baik.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Keerom, Yudha Ansaka, mengatakan pihaknya akan meningkatkan kerja sama dengan semua pihak dan akan terlibat langsung di tengah-tengah petani cabai untuk memantau hasil pertanian mereka.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya