Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wisata Batam-Bintan, Kemenpar Incar 100.000 Wisman Malaysia & Singapura

Kementerian Pariwisata terus fokus memasarkan pariwisata kepada wisatawan lintas batas atau cross border wilayah perbatasan Batam dan Bintan.
Wisatawan mancanegara beraktivitas di kawasan Festival Kuta Sea Sand Land, Pantai Kuta, Bali, Jumat (18/8)./ANTARA-Nyoman Budhiana
Wisatawan mancanegara beraktivitas di kawasan Festival Kuta Sea Sand Land, Pantai Kuta, Bali, Jumat (18/8)./ANTARA-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata terus fokus memasarkan pariwisata kepada wisatawan lintas batas atau cross border wilayah perbatasan Batam dan Bintan.

Arief Yahya Menteri Pariwisata mengatakan terdapat jurus ampuh untuk menjaring wisman sebanyak banyaknya.

"Dengan penggarapan yang baik, pertumbuhan wisatawan di Batam-Bintan bisa meningkat tiga kali lipat. Kita targetkan dapat menjaring tambahan 100.000 wisman dari Singapura dan Malaysia," katanya memalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Sabtu(19/8/2017).

Selain itu, I Gede Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran pariwisata menambahkan Cross Border ini digelar untuk mengembangkan pasar turis Malaysia dan Singapura, khususnya ke Batam dan Bintan.

Dia mengatakan program promosi terpadu ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Kemenpar dengan industri aksebilitas (ferry), pemerintah daerah, industri pariwisata terkait di Batam, Bintan, Singapura, dan Malaysia (Johor).

"Paket program promosi terpadu ini sudah merupakan paket finalisasi. Sebelumnya kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak oenyeberangan Ferry, Hotel, Travel Agent dan Pemda," lanjut Pitana.

Dia mengatakan ada 161 paket promosi dan wisata yang siap ditawarkan untuk seluruh wisman .Paket mulai dari 20 Singapore Dollar atau sekitar Rp190 ribu sampai 134 Ringgit Malaysia atau sekitar 442 ribu rupiah. Dengan harga akomodasi tersebut, sudah bisa mengeksplore Batam.

Harga tersebut harga round trip dan sudah termasuk terminal fee. Pastinya harga yang sangat kompetitif ini akan sangat menarik bagi wisatawan asing untuk masuk ke Indonesia melalui wilayah cross border Batam Bintan.

Rizki Handayani, Asisten Deputi pengembangan Pasar Asia Tenggara, mengatakan sampai saat ini sudah terdapat 161 paket wisata dengan harga yang sangat menarik yang siap dinikmati oleh para wisatawan dari Singapura dan Malaysia.

Di samping dukungan yang luar biasa dari para pelaku industri pariwisata di Kepri, lanjutnya, terdapat Ferry Operator seperti Batam Fast, Majestic Ferry, Citra Ferry dan Bintan Ferry yang memberikan harga special bagi wisatawan asing yang mau datang ke wilayah Kepri khususnya Batam, Bintan dan Tanjung Pinang .

" Bidikan Batam dan Bintan ini bukan tanpa sebab. Saat ini, dua destinasi yang ada di Kepri itu ada di top 3 wisman terbesar di Indonesia dengan persentase 16%. Persentasenya hanya kalah dari Bali 43% dan Jakarta 19%," katanya.

Puslitbang Kemenpar mencatat, pada semester I (Januari-Juni) 2017 Kepri sudah didatangi 1.011.908 jiwa wisatawan mancanegara (wisman). Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, jumlah pada semester satu tahun ini mengalami penurunan sekitar 1 persen atau 13.585 wisman.

Namun, jika jumlah kunjungan pada Juni 2017 yang mencapai 180.313 wisman, didapati kenaikan 15% dibandingkan bulan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper