Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bertemu Presiden Jokowi, Dubes AS Sempat Singgung Soal Freeport

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (15/8/2017). Salah satu topik pembahasan yang diangkat adalah renegosiasi kontrak PT Freeport Indonesia.
Tambang PT Freeport Indonesia di Papua./Bloomberg-Dadang Tri
Tambang PT Freeport Indonesia di Papua./Bloomberg-Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA — Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (15/8/2017). Salah satu topik pembahasan yang diangkat adalah renegosiasi kontrak PT Freeport Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan itu menyampaikan, Donovan sempat menyinggung soal renegosiasi tersebut. Namun, tuturnya, pembahasan tidak berlanjut panjang.

"Tadi Dubes AS sempat mengangkat isu [Freeport], hanya sambil lewat, sekilas. Sempat disentuh bahwa urusan itu sekarang sudah dititipkan ke Pak [Menteir ESDM Ignasius] Jonan dan Bu Ani [panggilan akrab Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati]. Jadi itu aja, tidak menyampaikan apa-apa lagi," kata Thomas di Kompleks Istana Kepresidenan usai pertemuan.

Dalam perkembangan terbaru, kesepakatan negosiasi antara Pemerintah dan Freeport mengenai kelangsungan operasi dan investasi Freeport di Indonesia diperkirakan selesai pada Agustus 2017 alias bulan ini.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, (Bisnis, 26/7), empat isu krusial dalam negosiasi pemerintah Indonesia dan Freeport sudah mendapatkan titik terang menyusul hasil pertemuan yang dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dan CEO Freeport–McMoRan Richard C. Adkerson di Houston, Amerika Serikat.

Dari empat isu krusial—yaitu kelanjutan operasi PT Freeport Indonesia, pembangunan fasilitas pemurnian (smelter), divestasi saham, dan ketentuan fiskal—tiga yang disebut pertama sudah mendekati titik temu.

"Kami berharap semua bisa selesai dalam bulan Agustus. Mungkin pertengahan Agustus Freeport akan memberikan masukan kepada Kementerian Keuangan," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Adapun, Thomas menambahkan, Dubes AS menilai persoalan negosiasi Freeport penting bagi kepastian dan hubungan bilateral kedua negara dan pihaknya mengaku gembira proses tersebut masih berlanjut. Dia menambahkan nada (tone) pembicaraan juga positif.

"Menurut saya sih [tone] positif. Dia [Dubes AS Donovan] bilang kalau Indonesia yang sejahtera, adil dan aman akan positif bagi kepentingan AS dan kawasan," tutur Thomas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper