Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siam Cement Group Membidik Pasar Domestik

SCG masih mengandalkan pasar domestik pada semester II/2017 untuk menopang penjualan perusahaan di tengah keadaan industri semen nasional mengalami over supply.nn
Ilustrasi/Martin Sihombing-JIBI
Ilustrasi/Martin Sihombing-JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -- SCG masih mengandalkan pasar domestik pada semester II/2017 untuk menopang penjualan perusahaan di tengah keadaan industri semen nasional mengalami over supply.

Nantapong Chantrakul, Country Director PT. Siam Cement Group Indonesia (SCG), menyampaikan belum berencana meningkatkan kapasitas ekspor pada paruh kedua tahun ini. Perusahaan asal Thailand tersebut masih optimis jika produk semennya dapat terserap di pasar domestik.

"Semua investasi [SCG] di Indonesia ditujukan untuk local market. Hanya sedikit porsi untuk ekspor, terhitung hanya kurang 5% dari total produksi," kata Nantapong kepada Bisnis, Kamis (10/8/2017).

Menurut data yang dihimpun oleh Asosiasi Semen Indoensia (ASI), permintaan semen secara nasional pada semester I/2017 menurun sebanyak 1,3% dari 29,4 juta ton menjadi 28,99 juta ton. Kendati permintaan semen nasional menurun, namun utilitas pabrik masih mencapai 85%-90% yang menyebabkan komoditas tersebut menjadi over supply.

ASI mencatat, kondisi over supply membuat beberapa manufaktur semen nasional mengalihkan produknya ke pasar ekspor. Kinerja ekspor semen nasional dilaporkan meningkat 75% pada semester I/2017 atau sekitar 1,1 juta ton.

Menghadapi kendala over supply, SCG telah menyiapkan diri dengan melakukan diversifikasi bisnis. Bentuk diversifikasi tersebut dengan melakukan investasi ke sektor lain seperti chemical, building material, dan packaging. "Saat ini asset kami di Indonesia sekitar US$1,4 miliar dengan nilai kontribusi 42% Chemical, 56% material building, dan 2% packaging," katanya.

Selain itu, SCG juga mengambil langkah hilirisasi dengan produk turunan berupa beton, pipa, dan keramik. SCG mengklaim sebanyak 30% dari produksi semennya dapat terserap oleh anak usahanya yakni SCG Readymix sebagai bahan baku beton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper