Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayo Ikuti Festival Film Kemaritiman

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Festival Film Pendek bertemakan Kemaritiman untuk kategori umum dan pelajar.
Pelaut Indonesia/Ilustrasi-velasco indonesia
Pelaut Indonesia/Ilustrasi-velasco indonesia

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Festival Film Pendek bertemakan Kemaritiman untuk kategori umum dan pelajar.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid mengungkapkan festival yang juga diinisiasi oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Kemaritiman ini bertujuan untuk membangun kecintaan generasi muda pada budaya maritim.

Selain itu, festival ini juga diharapkan sebagai ajang untuk menyalurkan energi generasi muda untuk berekspresi dan berkarya sertat mendorong promosi budaya kemaritiman yang juga penting untuk pariwisata. 

"Tidak bisa kita lupakan bahwa untuk membangun budaya maritim adalah melalui kebudayaan. Kebutuhan yang paling mendesak saat ini adalah membangun narasinya," ungkapnya melalui keterangan resmi Rabu (26/7).

Selain menawarkan hadiah berupa uang tunai dan sertifikat, pemenang juga akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan kemaritiman seperti Sail Sabang. Festival ini dilombakan dengan dua tema utama yakni “Potensi Kemaritiman Indonesia” dan “Selamatkan Laut Indonesia”.

Melalui dua tema tersebut, peserta diajak untuk bebas berkreasi dalam menghasilkan karya-karya yang membangkitkan kesadaran akan pentingnya sektor kemaritiman bagi masyarakat Indonesia.

Kepala Pusat Pengembangan Perfilman  (Pusbangfilm) Maman Wijaya menyampaikan, kompetisi film ini terbuka bagi kalangan pelajar berusia 12 sampai dengan 16 tahun (pelajar SMA/SMK/sederajat).

Peserta ditantang untuk mengirimkan proposal ide untuk film dokumenter kemaritiman kepada panitia Pusbangfilm Kemendikbud. Kemudian, bagi peserta yang idenya terpilih, akan diundang untuk mengikuti pelatihan bersama praktisi dan akademisi film di Jakarta.

"Para peserta workshop akan diminta untuk memproduksi film. Dan hasilnya akan dinilai oleh tim juri yang merupakan para sineas senior Indonesia," ujar Maman.

Sedangkan bagi kalangan umum (usia 17 sampai dengan 30 tahun) dapat mengikuti kompetisi yang dilaksanakan Kemenko Kemaritiman melalui Kedeputian IV. Bagi peserta umum, panitia menantang peserta untuk mengirimkan film pendek berdurasi tujuh menit yang siap tayang.

Pengiriman proposal ide film dokumenter dapat dilakukan mulai tanggal 25 Juli sampai 12 Agustus 2017. Untuk kategori umum, karya peserta ditunggu sampai dengan 29 Oktober 2017. Detil informasi mengenai kompetisi film pendek dokumenter kemaritiman bagi kategori pelajar dapat ditemukan di laman pusbangfilm.kemdikbud.go.id. Sedangkan informasi terkait kompetisi film pendek untuk kategori umum dapat ditemukan di laman maritim.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper