Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sukses Angkutan Lebaran, Pelindo IV Raih Penghargaan Kemenhub

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV meraih penghargaan dan apresiasi dari Kementerian Perhubungan atas suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017.
Pelabuhan Makassar/PT Pelindo IV
Pelabuhan Makassar/PT Pelindo IV

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV meraih penghargaan dan apresiasi dari Kementerian Perhubungan atas suksesnya penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017.

Penghargaan yang disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tersebut diterima Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung pada Selasa malam (11/7/2017).

Sekretaris Perusahaan Pelindo IV (Persero) Iwan Sjarifuddin mengatakan pada angkutan Lebaran 2017, Pelindo IV juga menyiapkan Posko Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Makassar yang beroperasi mulai 8 Juni 2017 hingga H + 20 Hari Raya Idulfitri 1438 H.

Sejak beroperasi, kata dia, posko angkutan laut lebaran di Pelabuhan Makassar telah mendapat kunjungan dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Tonny Budiono.

“Kemenhub antusias dengan kesiapan angkutan Lebaran Pelindo IV bersama tim terpadu lainnya, termasuk program mudik gratis dengan tiga rute tujuan, yaitu Makassar-Bulukumba, Makassar-Parepare dan Makassar-Bone,” ujar Iwan melalui siaran pers Pelindo IV pada Rabu (12/7/2017).

Sementara itu, PT Pelindo IV Cabang Makassar juga mendapatkan penghargaan dan apresiasi penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017, yang juga diterima langsung General Manager Pelindo IV Cabang Makassar, Aris Tunru.

Kedua penghargaan untuk PT Pelindo IV itu diserahkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Menhub mengatakan, PT Pelindo IV Cabang Makassar merupakan satu-satunya pelabuhan utama di Indonesia sebagai operator pelabuhan, yang mendapatkan penghargaan atas pencapaian optimal dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2017 dalam Kategori Terminal Penumpang.

Seperti diketahui, manajemen Pelindo IV dibawah kepemimpinan Dirut Doso Agung telah membenahi Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar hingga kini menjadi satu-satunya terminal penumpang di Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang telah berstandar internasional layaknya bandara.

Adapun fasilitas yang tersedia antara lain, ruang untuk menyusui, kipas angin , AC, ruang kesehatan, tempat chas telepon genggam, air kran yang bisa langsung dikonsumsi, toilet, tempat ibadah, dan kursi roda untuk penyandang disabilitas.

Selain itu, Pelindo IV juga memperketat keamanan di area pelabuhan dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu. “Keamanan di Pelabuhan Makassar juga telah didukung dengan kamera CCTV yang siap memonitoring semua pergerakan penumpang, dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik ke kapal,” ujar Iwan.

Dia mengatakan terminal penumpang yang sudah berstandar internasional itu juga telah dilengkapi garbarata atau jembatan penghubung dari ruang tunggu terminal penumpang ke pintu masuk kapal, travelator, connecting bridge, serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang di terminal yang siap menampung hingga 4.000 orang.

Selain telah melakukan penataan arus penumpang embarkasi dan debarkasi, Pelindo IV juga sudah melakukan penataan pedagang kaki lima (PK5) di area pelabuhan Makassar, pemasangan CCTV sebanyak sembilan titik di sisi dermaga, 18 titik di terminal penumpang lantai satu dan dua, serta 16 titik di area PK5.

“Kami juga telah bekerja sama dengan aparat keamanan dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai  serta Lantamal dan Polda Sulsel, serta dilengkapi alat keamanan seperti metal detector,” tutur Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper